Melihat Surface Jaringan Syaraf Tiruan (JST)

Surface merupakan istilah yang digunakan Matlab terhadap bidang tiga dimensi. Variabel yang ada adalah X, Y, dan Z. Terkadang kita ingin melihat surface JST yang telah kita training untuk mengetahui kinerjanya seperti pada Fuzzy Inference System (FIS) dan Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS). Sebagai bahan perbandingan perhatikan data berikut ini yang akan kita latih dengan ANFIS dan JST.

Kolom satu dan dua adalah variabel masukan, sedangkan kolom ketiga menyatakan target pembelajaran. Berikutnya kita latih sistem kita, baik dengan ANFIS maupun JST. Dengan anfis kita peroleh surface sebagai berikut:

Mengenai cara pembuatannya, lihat tulisan saya terdahulu mengenai pelatihan ANFIS. Untuk JST harus kita buat struktur network dan kemudian melatihnya dengan data di atas. Berikut ini contoh code untuk membuat grafik 3D JST dengan nama ‘net‘.

Di sini saya menggunakan resolusi dua digit di belakang koma, dari 0.01 hingga 4. Hasilnya adalah grafik di bawah ini. Lumayan lama (lebih dari 10 menit) ketika kode di atas dijalankan.

Jika dirasa terlalu lama prosesnya, dapat kita turunkan resolusinya menjadi satu digit di belakang koma. Untuk warna data dilakukan dengan perintah di belakang plot3, dengan if-else untuk wilayah warna tertentu.

Sebenarnya ada cara untuk membuat lewat instruksi ‘surface’ atau ‘mesh’, tetapi untuk kasus fungsi ‘sim’ pada matlab tidak bisa dijalankan. Berikut ini contoh script untuk 3D fungsi matematis biasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s