Instalasi Octave di Windows

Salah satu keunggulan Matlab dibanding bahasa C atau Fortran di masa-nya adalah dalam perhitungan Matriks. Matlab mampu memenuhi permintaan para saintis yang sangat membutuhkan alat bantu perhitungan matriks yang memang banyak dibutuhkan untuk risetnya. Namun demikian, harga lisensi yang mahal menarik simpati para open source programmer menciptakan aplikasi sejenis Matlab tetapi dengan tanpa membayar sepeserpun ketika menggunakannya. Salah satu aplikasi dengan format bahasa seperti Matlab yang open source adalah octave yang bisa diunduh pada situs resminya, www.gnu.org/software/octave

Setelah selesai mengunduh, lakukan instalasi sederhana dengan mengklik installernya. O iya, sebelum mengunduh pastikan dahulu versi sistem operasi yang akan menjalankan octave, linux atau window. Berikut ini saya menginstall octave versi 3.4.3 untuk windows. Selain itu, ternyata tersedia pula fungsi-fungsi untuk mengolah gambar/citra yang sangat bermanfaat untuk aplikasi-aplikasi deteksi gambar atau sistem biometrik.

Butuh waktu beberapa menit untuk menginstal octave. Beberapa file DLL extract dan diletakkan di system windows serta dibentuk beberapa folder penting octave sebelum akhirnya octave berhasil diinstal di komputer kita.

Setelah tombol FINISH ditekan, maka octave telah berhasil kita instal. Perhatikan bentuk simbol lebih besar (‘>’) yang merupakan ciri khas bahasa berbasis Matlab. Perlu diketahui, tampilan matlab pertama kali pada tahun 80-an mirim sekali dengan tampilan octave ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s