Rails on Windows .. Layak kah?

Ingin sekali saya mengembangkan Ruby on Rails (RoR) setelah saya selesai kuliah di sini karena karakternya yang cocok dengan materi yang sering saya ajar yaitu “Pemrograman Berorientasi Obyek”. Biasanya saya menggunakan Java sebagai bahasa untuk prakteknya, tetapi saya memiliki kesulitan ketika membuat koneksi antara kelas dengan sistem basis data yang berkarakter non obyek.

Berbeda dengan PHP yang sangat kompatibel dengan windows walaupun lebih cocok dengan linux, RoR sangat disarankan menggunakan linux. Tetapi untuk meningkatkan jumlah penggemar jenis bahasa baru ini mau tidak mau harus menggandeng windows mengingat jumlah pengguna windows yang masih menggurita di Indonesia. Berikut ini pengalaman saya menggunakan RoR yang berbasis windows.

Pertama-tama kita harus berkomunikasi dengan situs resmi RoR untuk memperoleh informasi dan software open source-nya. Untuk yang berplatform Windows kita dapat mengunduh dari: http://railsinstaller.org/en. Klik pada link download untuk Windows:

Jika Anda masih pemula, jangan khawatir dengan link-link di bawahnya karena dengan mengunduh Windows Ruby 1.9 Anda berarti mengunduh semua perlengkapan di bawahnya tersebut. Setelah di download, Anda tinggal mengekstrak dan menginstall dengan single click ala Microsoft, di mana untuk instalasi tinggal mengklik langsung jadi. Beda jika Anda menginstall lewat ubuntu misalnya. Anda harus menginstall apache dulu, menginstall postgresql atau mysql dulu, tetapi dengan download untuk windows, Anda tinggal menjalankan saja.

Saya sudah mencobanya, sedikit ada masalah ketika melakukan proses routing. Routing adalah proses yang mengarahkan suatu page ke arah tertentu. Misalnya Anda membuka situs http://rahmadya.com, maka Anda akan diarahkan ke mana oleh route aplikasi tersebut. Ternyata routing tidak berjalan, setelah saya selidiki ternyata Anda harus mengupgrade ke Rails versi terakhir (ketika saya buat tulisan ini masih berversi 4.0.0). Untuk apgrade, hubungi situs resmi rails yang menyediakan GEM. Gem adalah fasilitas rails seperti library di Windows. Situsnya: http://rubygems.org/gems/rails. Search saja di kolom searching, isi dengan kata kunci “rails”, maka Anda akan menjumpai rails versi terakhir. Ikuti cara downloadnya.

Ternyata ada rails terbaru versi 4.0.1. Untuk mengecek versi rails Anda, masuk ke command promt (Start – run – cmd), ketik saja ‘rails –v‘.

Ternyata versi rails saya masih 4.0.0. Anda tidak diharuskan mengupgrade, tetapi ada baiknya diupgrade untuk memperoleh hasil yang maksimal dari RoR. Untuk menginstallnya ada dua pilihan:

  1. Pada command windows ketik: ‘gem install rails’
  2. Pada Gemfile yang terletak di <folder_project>, tambahkan: ‘gem “rails”, “~> 4.0.1”

Tampak proses upgrade dari rails 4.0.0 ke rails 4.0.1. Berikutnya kita tinggal membuat aplikasi dengan rails, sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Ruby on Rails, Software Engineering. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.