Mengimpor Big Data ke Matlab

Jika data berukuran kecil dan sedang, dengan mudah kita mengimport suatu data dari excel, notepad, dan sejenisnya. Tetapi jika berukuran besar akan menjadi masalah jika kita mengimport data dari kedua text editor tersebut. Hal ini terjadi ketika saya akan membuat vektor dan matriks data ke dalam vormat Matlab agar bisa dilakukan text mining. Excel cenderung akan memotong data menjadi 65 ribuan record saja. Sementara notepad memiliki masalah ketika akan dieksport ke Matlab (Mat).

Langkah yang cukup akurat adalah menggunakan sistem manajemen basis data, misalnya Microsoft Access. Langkah pertama adalah membuka file data tersebut (misalnya berformat xls, atau csv) ke microsoft access untuk dilakukan pemilahan menjadi kolom-kolom yang sesuai jika data yang ada berbeda jenisnya. Jangan lupa menghilangkan Field Name dengan mengisi check pada kotak isian seperti gambar di bawah ini.

Berikutnya setelah dipilah-pilah, data kita eksport ke format text yang ada di menu Micorosft Access. Tunggu hingga selesai karena jika datanya berukuran besar (sekitar 1 giga) akan memakan waktu yang lama.

Jika selesai maka secara otomatis akan berganti menjadi pesan yang ada di access.

Berikutnya tinggal kita tarik data tersebut dengan Matlab. Buka matlab anda, dan tekan tombol impor yang ada di jendela Workspace (mudah2an tidak tersembunyi). Cari datanya, lalu lakukan proses impor dengan mudah.

Tekan tombol yang bertanda panah ke bawah dilanjutkan dengan mencari file txt yang telah disimpan sebelumnya. Untuk gampangnya, simpanlah di current directory Anda.

 

Berikutnya tinggal mengklik tombol Next hingga tombol finish muncul. Tampak di workspace variabel yang telah Anda masukan. Coba iseng jalankan, jangan semua record dilihat, takutnya matlab Anda hang.

Baru kali ini saya mengalami mengolah file matlab (MAT) hingga kehabisan sumber daya RAM.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Matlab. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.