Memulai Quantum GIS Desktop (QGIS) Versi 2.6

Untuk memulai software ini ada baiknya kita sedikit membaca teori tentang Geographic Information System (GIS) yang banyak beredar di internet. Dimulai dari jenis data yang diolah oleh GIS (raster atau vektor), istilah-istilah yang digunakan seperti landuse, aspect, geospatial, dan sebagainya, harus benar-benar dipahami, minimal yang akan kita olah di GIS. Misalnya saya akan membuat informasi mengenai land use di daerah tertentu (misalnya pathumtani, Thailand). Untuk mengetahui bagaimana cara menginstall software GIS gratis ini dapat dilihat di post sebelumnya.

Figure 1 Mengeset Proyeksi

Langkah pertama adalah Anda masuk ke properties dan mengeset projection yang sesuai, di tempat kami adalah WGS84 UTM ZONE47N. Setelah itu coba mengenali icon-icon yang bertebaran di sekitar jendela QGIS. Setelah itu cari data yang Anda inginkan, bisa lewat internet, bisa juga dari instansi-instansi terkait. Di sini saya memiliki data wilayah, landuse, dan jalan, semuanya berupa shapefile (ekstensi *.shp).

Figure 2 Proyeksi yang Sesuai Wilayah

Berikutnya buat tiga layer yang berisi peta wilayah, landuse, dan jalan raya. Ekstensi yang dibuka adalah shapefile (shp). Tambahkan label untuk menunjukan nama suatu lokasi, jalan, atau pemanfaatan wilayah sesuai dengan data yang dimiliki.

Figure 3 Memilih Simbol yg Ditampilkan

Tentu saja kita harus memahami attribute yang ada di tabel. Biasanya instansi yang memiliki data tersebut menyediakan juga data dictionary yang menjelaskan maksud istilah-istilah tersebut. Jika sudah, coba anda buat versi siap cetak (berupa file pdf atau image). Lakukan langkah export seperti pada Arcview, dengan penambahan berupa judul, legend, skala, dan sebagainya. Berikut hasil export-nya, sorry, agak terburu-buru buatnya. Selamat mencoba.

Figure 4 Hasil Layout Keluaran (PDF)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s