Error 000824 the tool is not licensed

Mempelajari software baru sangat menjengkelkan tetapi menyenangkan. Kita bisa mengetahui kecanggihan hasil karya orang yang tidak jarang membuat kita takjub. Walaupun kita tidak boleh tergantung dari tools, tetapi untuk menuangkan ide tentu saja kita membutuhkan alat yang dapat merepresentasikan isi kepala kita dengan cepat dan gampang terlihat. Untuk masalah data spasial, ArcGIS menjadi andalan beberapa peneliti. Software buatan ESRI ini terus mengembangkan versi-versi terbarunya agar mudah dan nyaman digunakan, salah satunya adalah proses pembuatan model.

Lisensi ArcGIS cukup mahal, tetapi biasanya institusi-institusi pendidikan, pemerintah, dan instansi lain biasanya telah membeli lisensi. Walaupun sudah ada versi open source yang gratis, sepertinya ArcGIS masih menjadi andalan dan banyak dipakai oleh peneliti-peneliti. Paper-paper di jurnal-jurnal internasional banyak kita jumpai penerapan software ini. Kembali ke model, setelah berpusing-pusing ria dengan problem sistem koordinat dan proyeksi, muncul masalah baru ketika akan melakukan model suitability analysis yaitu error 000824 the tool is not licensed. Sungguh menjengkelkan, karena hari itu saya sudah jenuh membaca ketika melakukan searching di google. Akhirnya saya mencoba membuka youtube, karena tidak perlu membaca, tinggal mendengarkan sambil melamun 🙂.

Ternyata beres juga masalah tersebut, dengan caru masuk ke menu Customize – Extension, lalu centang fasilitas-fasilitas yang kita butuhkan. Atau centang saja semua, beres sudah masalah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s