Membuat Peta Jalan dari Open Street Map

Data merupakan aset yang sangat berharga. Dengan mengolah data kita bisa memetik keuntungan dan manfaat dari data tersebut. Menyadari hal itu banyak orang yang butuh data mengeluarkan kocek yang besar untuk mendapatkan data. Akibatnya penyedia data terkadang merahasiakan data yang dimilikinya. Hal ini bisa menguntungkan bisa juga merugikan. Terlepas dari hal itu, karena data geografis menyangkut hajat hidup orang banyak, sangat dibutuhkan data yang dapat diakses oleh semua orang, salah satunya adalah peta jalan. Sebenarnya sudah banyak aplikasi baik desktop, web-based, atau android yang dapat mengakses peta jalan ini, tetapi peneliti membutuhkan peta tematik tertentu yang akan digunakan untuk analisa spasial. Ok, langsung saja buka ArcGis, dan tambahkan satu basemap dengan nama Open Street Map.

Cukup banyak data yang tersedia, baik topography peta satelit, laut, dan sebagainya. Di sini saya akan mencoba membuat peta jalan. Jika Anda telah memiliki peta jalan, dapat Anda tambahkan di ArcMap, jangan lupa samakan terlebih dahulu proyeksinya, lihat postingan sebelumnya. Data jalan sebenarnya bisa dibeli di Bakosurtanal untuk negara Indonesia, sayangnya berbayar (ada perpres nya). Akan tetapi beberapa blogger telah memiliki data tersebut dan dengan baik hati menshare. Masalahnya adalah datanya tidak Uptodate. Contohnya adalah kota Bekasi, tampak fly over yang mengarah ke sumarecon belum digambar, oleh karena itu saya akan mencoba menggambarnya.

Klik kanan pada layer Jalan – Edit Fiture – Start Editing. Jika belum muncul juga jendela Create fiture, klik editor, masuk ke Editing Windows dan klik Ceate features.

Dobel klik pada objek Jalan, yang merupakan objek polyline (garis/lengkungan). Ternyata ada sedikit masalah yaitu pesan berikut ketika selesai membuat satu polyline.

Sepertinya ArcMap tidak sanggup memetakan garis tersebut. Oleh karena itu kita kembali selidiki shapefile jalan yang telah kita proyeksikan sebelumnya. Ternyat koordinat belum ada ukurannya:

Lalu apa yang harus dilakukan? Tentu saja harus mengisi koordinat yang sesuai pada layer Jalan tersebut. Cara penyelesaian saya adalah dengan mengekspor fitur ke file lainnya dengan mengklik kanan layer Jalan – Data – Export Data, dan pilih this layer source data, isi nama file baru hasil export tersebut. Hasilnya harus seperti berikut ini dimana polyline baru berhasil ditambahkan, karena banyak harus yang saya tambahkan, capek dan membosankan, teruskan sendiri ya.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat Peta Jalan dari Open Street Map

  1. Ping balik: Mengatasi Problem Koordinat dan Proyeksi di ArcGIS | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.