Mengatasi Problem Koordinat dan Proyeksi di ArcGIS

ArcMap adalah salah satu fasilitas yang tersedia di ArcGis. Fungsinya mirip ArcView yang merupakan versi lawas dari ArcGis. Ketika menambah satu layer di ArcMap terkadang muncul pesan berikut ini:

Atau mungkin pesan lain yang mengatakan koordinat belum teridentifikasi dengan jelas. Tentu saja kita bisa mengklik ‘OK’ dan peta tampak di ArcMap. Masalah akan muncul jika ArcMap kita terdiri dari lebih dari satu shapefile yang beda koordinat dan proyeksinya. Untuk pesan di atas kita diminta menyamakan proyeksi shapefile tersebut. Cara yang terstruktur adalah dengan membuka Arc Catalog, dan cari file yang akan disamakan proyeksinya tersebut.

Klik kanan dan masuk ke propertis. Samakan proyeksinya dengan layer BaseMap seperti pada gambar di atas. Apa itu BaseMap, akan dijelaskan pada postingan berikutnya. Samakan seperti pada gambar di bawah ini:

Di sini saya menggunakan WGS 1984 UTM Zone 48S yang merupakan wilayah jabotabek. Jika berhasil, maka Anda akan melihat dua layer yang sekarang memiliki proyeksi yang sama. Atur susunan layer karena jika dua poligon saling berimpit, salah satunya akan tertutup. Akhirnya tampak seperti gambar di bawah ini:

Selamat mencoba, atau mungkin ada teknik lain yang lebih ok, tolong dishare.

Iklan

4 respons untuk ‘Mengatasi Problem Koordinat dan Proyeksi di ArcGIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s