Membuat Peta Jarak Lokasi Tertentu dengan ArcGIS

Jika pada tulisan sebelumnya menggunakan ArcView, di sini kita coba dengan ArcGIS. Misalnya jarak tertentu terhadap lokasi pusat polusi (suara, udara, tanah, bau, dll). Kebetulan saya adanya untuk wilayah kota bekasi. Buka shapefile peta lokasi yang akan kita buat jaraknya. Cara terbaik buat orang awam atau pelupa seperti saya adalah dengan search lewat windowssearch (Ctrl-F).

Cari “distance” di kolom search yang akan memunculkan seluruh toolbox yang berhubungan dengan jarak. Pilih euclidean distance yang artinya metoda yang dipakai adalah jarak euclidean yaitu jarak geometris antara satu titik dengan titik lainnya. Emang ada jarak yg lain? ya ada banyak, mahalanobis, manhattan, dll atau juga istilah jarak ketika sesorang bilang ” sebaiknya kita jaga jarak” ..

Masukan sumber lokasi, beri nama target shapefile dan lanjut dengan mengisi environment. Kenapa harus masuk ke environment? Alasannya bisa liat di tulisan sebelumnya (sorry bhs inggris). Masuk environment dst … (lihat link itu), hasilnya adalah seperti ini.

Untuk apa sih itu? Ya untuk pemodelan. Setelah direclasify kemudian di overlay dengan faktor-faktor lain yang menentukan kelayakan suatu lokasi, misalnya perumahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s