Mengelola Mat-File

Salah satu ketangguhan Matlab adalah kemampuannya menangani vektor dan matriks. Matriks yang telah diolah oleh matlab disimpan sementara di workspace yang biasanya terletak di pojok kanan atas. Jika Matlab ditutup, maka data di workspace akan hilang. Agar tidak hilang, maka data tersebut harus disimpan dalam bentuk file di komputer kita, salah satu caranya adalah dengan instruksi save. Untuk yang sudah mahir mungkin menyimpan hasil dengan mengkoneksikan Matlab ke database dan mengirim atau menerima data secara langsung dari database itu.

Menyimpan Mat-File

Sebagai contoh di workspace saya terdapat lima variabel hasil utak-atik jaringan syaraf tiruan untuk memprediksi. Misalnya kita diminta menyimpan hasil training jst (saya beri nama jst) tersebut ke dalam suatu file. Pada command window dapat Anda ketik:

  • save (‘training.mat’,’jst’)

Di sini file yang akan dibentuk saya beri nama “training.mat”. di sebelah kananya variabel yang akan tersimpan dalam file training.mat tersebut. Sebenarnya bisa juga dengan mengetik save training yang fungsinya menyimpan juga tapi kelima variabel akant tersimpan juga.

Memanggil Mat-File

Apakah variabel jst dapat dipanggil lagi walaupun Matlab sudah ditutup? Tentu saja bisa. Untuk latihan coba hapus variabel workspace dengan instruksi clear. Arahkan current directory di lokasi file mat dan ketik:

  • load training

Maka di workspace akan muncul variabel baru bernama jst yang telah disimpan sebelumnya. Jadi variabel jst itu bersembunyi di dalam file training.mat yang akan muncul jika dipanggil lewat instruksi load. Selamat mencoba.

 

 

 

 

Iklan

One thought on “Mengelola Mat-File

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s