Konversi Endnote (*.ens) ke Mendeley (*.csl)

Bagi yang masih berkutat dengan perkuliahan, berkecimpung di dunia perjurnalan, atau berprofesi sebagai peneliti dan dosen, sering kali mengalami kesusahan ketika dihadapkan dengan masalah sitasi (citation) dalam suatu makalah/paper. Jika kita mensubmit ke suatu jurnal, kita diharuskan mengikuti aturan sitasi dari jurnal yang akan kita submit kalau ingin jurnal kita diterima di penerbit tersebut. Repotnya antara satu jurnal dengan jurnal lainnya memiliki tata cara yang berbeda yang bisa memberikan ekstra bonus “pusing” di luar konten tulisan kita. Untungnya saat ini teknologi sistem informasi sudah berkembang dengan pesat dimana otomatisasi sudah biasa dijumpai. Kita tidak ingin diribetkan dengan prosedur-prosedur administrasi yang sebenarnya bisa digantikan oleh mesin.

Salah satu jurnal yang akan saya submit menggunakan format sendiri di luar format yang sudah ada. Jadi ketika saya buka microsoft word, saya tidak menjumpai style yang cocok dengan jurnal tersebut. Jika harus mengedit manual, rasanya menyita waktu.

Endnote

Software buatan thomson reuter yang membantu penulis untuk mendokumentasikan referensi ini sangat terkenal. Sayangnya aplikasi ini berbayar sehingga memberatkan para peneliti khususnya yang berdomisili di Bekasi, eh Indonesia. Sayangnya kebanyakan jurnal memberikan format style dalam bentuk endnote dengan extention *.ens.

Mendeley

Kabar baik muncul ketika pengembang opensource membuatkan software mirip endnote yang gratis. Software ini dapat diunduh di https://www.mendeley.com/ dengan terlebih dahulu sign up dengan user id email. Manfaat dari sign up adalah aplikasi yang kita install dapat disinkronkan dengan yang ada di web sehingga data pustaka kita dapat diakses dari mana saja.

Ketika file hasil download style akan digunakan di Mendeley, kesulitan muncul karena mendeley hanya mau menerima file berekstensi *.csl. Seharian searching di internet saya tidak bisa menemukan jawaban, bahkan di forum para pengguna mendeley sedikit memaksa dan momohon agar Mendeley membuatkan konversinya. Ternyata sudah ada agreement antara Mendeley dengan Endnote agar tidak saling kompatible sehingga pengguna Endnote tetap terjaga. Agak pelit juga sih.

Zotero

Muncullah pemain baru, dengan nama zotero. Sepertinya antara Mendeley dengan Zotero masih kerabat karena ketika saya klik about Mendeley, ada unsur zoteronya (koreksi kalau saya keliru). Aplikasi ini dapat diunduh gratis di situs resminya: https://www.zotero.org/download/

Ternyata ada keributan antara Zotero dengan Endnote karena Endnote menuduh Zotero melanggar kesepakatan untuk tidak kompatibel. Zotero memberikan sebagian besar format/Style dari jurnal-jurnal ternama di dunia dengan memasukan nama publisher di kolom pencarian.

Tinggal klik kanan dan unduh style-nya dalam format *.csl yang dikenal oleh Mendeley dan Zotero. Sungguh praktis, saya tidak perlu membuat citation secara manual lagi. Berikutnya tinggal mengimport dari Mendeley yang kita install. Jadi untuk mengkonversi dari Endnote ke Mendeley, kita perlu memiliki Zotero. Mengapa tidak menggunakan Zotero langsung? Alasannya karena Mendeley lebih lengkap fasilitasnya, menurut saya sih. Juga Mendeley bisa menempel di Word walaupun zotero juga bisa (tetapi saya gagal di office 2010).

Mengimpor Style Baru

Berikutnya adalah cara mengimpor style baru dari Zotero ke Mendeley. Buka Mendeley Desktop yang telah kita install masuk ke view – Citation Style – More Style.

Anda tinggal mengklik “get more style”. Arahkan download ke link download yang dari Zotero hingga style yang diinginkan muncul di list Mendeley. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s