Menyisipkan Piksel di Image IDRISI

Mengingat image processing di IDRISI sangat tergantung pada citra satelit yang memindai kondisi geografis (waktu dan kondisi tertentu), terkadang perlu penyesuaian terhadap file image hasil konversinya. Mungkin awan, error pada kamera satelit, atau “hal-hal” lain. Sebenarnya saya belum menemukan metodenya dengan Idrisi dan sementara memanfaatkan software lain, misalnya ArcGis sebagai bantuan.

A. Konversi raster ke ASCII di ArcGIS

Pertama-tama piksel yang ingin ditambahkan digambar dengan ArcGIS. Tentu saja perlu membuka file raster Idrisi yang akan ditambahkan sebagai template. Kalau saya menggunakan shapefile study area untuk patokan agar sesuai proyeksinya.

Dengan search pilih Raster to ASCII pada hasil pencarian. Ketika mengisi file raster buatan ArcGIS jangan segera OK, karena harus menyamakan extent ArcGIS dengan IDRISI (template). Ada tiga komponen yang menurut saya harus diisi, antara lain (setelah tombol Environments.. ditekan): 1) Output coordinate, 2) Processing extent, dan 3) Raster analysis. Samakan koordinat dengan koordinat template Idrisi. Begitu pula untuk extent pada processing extent dan mask pada raster analysis, gunakan template yang sama.

B. Ekspor ASCII ke IDRISI

Pastikan konversi Raster ArcGIS berhasil sebelum mengimpor ASCII ArcGIS ke Idrisi dengan menggunakan fungsi ArcRaster dari menu file – impor – Software specific format – ESRI format – ArcRaster.

Di sini pun perlu memperhatikan hal-hal berikut. Pertama-tama seting Output reference information dan gunakan reference system sesuai dengan wilayah area penelitian, disini saya menggunakan UTM 48S.

Kedua, pastikan di Metadata baris dan kolom extent hasil impor sama dengan template sebab jika tidak sama dipastikan ketika mengerjakan fungsi tertentu di IDRISI, misalnya Land Change Modeler (LCM), akan bermasalah.

C. Menambahkan Piksel ke Image IDRISI

Berikutnya adalah menyisipkan piksel yang dibuat di ArcGis ke suatu image di Idrisi. Langkah pertama adalah melakukan reclassify menjadi integer. Gunakan fungsi reclass dengan mengisi kata tersebut di kolom pencarian.

Di sini saya menggunakan angka extreem -99999 untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan untuk reclassify. Pastikan piksel yang akan disisipi ada (gambar kiri atas ditunjukan panah). Berikutnya gunakan fungsi Overlay yang dibuka lewat menu Gis analysis – Mathematical Operation – Overlay. Pilih fungsi penjumlahan. Oiya, ada yang terlewat. Di sini saya menggunakan kelas “3”, sebaiknya gunakan kelas yang jika dijumlahkan dengan kelas yang sama pada template hasilnya melewati “range” dari kelas tertinggi, maksudnya untuk mempermudah pembacaan hasil penjumlahannya.

Langkah terakhir adalah mengklasifikasi ulang dengan reclass untuk memasukan tambahan piksel ke dalam kelas yang semestinya. Perhatikan gambar di bawah dimana ada tambahan kelas (7,8, dan 9) yang merupakan kelas baru hasil penjumlahan piksel yang disisipi dengan dari image Idrisi.

Dengan memasukan kelas penyisip (7,8, dan 9) ke kelas yang diinginkan (untuk kasus saya, kelas “3”) diperoleh hasil gambar berikut yang merupakan image terbaru yang sudah disisipi piksel tambahan yang dibuat dari ArcGIS. Hmm.. sepertinya agak ribet, semoga bermanfaat.

ac


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s