Instal WEKA untuk Data Mining

Untuk yang berkecimpung dengan dunia Data Mining sepertinya tidak asing dengan software WEKA yang dibuat oleh Universitas Waikato Selandia Baru. Sebelumnya saya menggunakan Matlab yang “bisa diotak-atik” dan Microsoft SQL Server Development Management yang cukup tangguh menangani data besar (lihat kategori “data mining“). WEKA sendiri setahu saya banyak dipakai oleh mahasiswa pascasarjana bidang ilmu komputer di tanah air. Postingan ini sekedar sharing informasi WEKA yang kebetulan saya instal untuk membantu rekan yang ingin lulus M.Kom di satu universitas swasta komputer yang cukup terkenal di Jakarta.

Source Software Weka

WEKA dapat diunduh gratis di situs resminya (klik di sini) milik Waikato University, suatu kampus ternama di New Zealand yang menurut rangking “top univerisities” masuk 200 besar. Saat tulisan ini dibuat masuk versi 3.8 (walaupun ada yang 3.9 tapi masih beta). Pilih sistem operasi yang cocok ketika mengunduh, misalnya 64 bit windows seperti laptop saya. Ukurannya sekitar seratusan Mb.

Instalasi

Dobel klik file yang baru saja diunduh untuk menginstal Weka. Setelah proses ekstraksi selesai, lanjut dengan instalasi, klik saja Next

Tampak persetujuan lisensi untuk Weka versi 3.8.1 yang akan diinstal. Tekan saja “I Agree” untuk lanjut. Saat muncul menu pilihan komponen, pilih saja yang disarankan Weka.

Tunggu hingga proses ekstrasi dan menginstal selesai. Sepertinya Weka menggunakan bahasa pemrograman Java dalam kolaborasi.

Ikuti saja ketika diminta menginstal Java. NOTE: jika sebelumnya sudah terinstal Weka, biasanya ada permintaan untuk uninstalling Jave versi sebelumnya. Namun demikian, proses instalasi terus berlanjut. Proses instlasi selesai setelah ditekan Next, selamat mencoba, semoga bisa segera posting mengenai Weka ini.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s