Menukar dan Mengganti Key Pada Keyboard

Apa-apaan ini? Mungkin pembaca bertanya maksud dari postingan ini. Atau jangan-jangan bermaksud mau iseng aja, alias ngerjain laptop orang. Seperti biasa, kalau tidak butuh/perlu mungkin kita tidak membutuhkan fasilitas tukar menukar ini, tetapi saya ada sedikit masalah pada keyboard saya. Perhatikan gambar berikut ini.

Konyol juga saya, tiap kali mau mengetik huruf besar (menekan Shift kanan) ternyata malah menekan “PgUp” yang kursornya langsung pindah ke atas. Hal ini karena rumah jari kelingking kanan adalah di “;” (kalo sepuluh jari lho ngetiknya). Mungkin pihak “Lenovo” harus segera menyelesaikan masalah sepele ini, atau memang konsumennya harus “Lengovwo” ? Kasus lain, banyak juga rekan-rekan yang salah menekan tab dengan “Capslk”, tetapi saya sih untungnya tidak mengalami masalah ini.

Setelah searching di google, saya menemukan situs ini yang menyarankan mengunduh aplikasi bernama SharpKeys (semoga bukan virus). Jika tertarik silahkan unduh dan instal di laptop kita.

Mudah, tinggal tekan “Next>” saja hingga selesai. Ternyata bisa diinstal juga di windows 10. Karena mengutak-atik Registry, beberapa kali Windows meminta konfirmasi.

Setelah itu kita coba gunakan dan bagaimana efeknya. Pertama-tama anda diminta menambahkan key mana saja yang mau dikonversikan. Untungnya ada fasilitas “menekan tombol” karena sulit mencari nama resmi tombol di keyboard.

Jika sudah kita coba jalankan dengan cara menekan “Write to registry”. Pastikan ada informasi bahwa registry telah terupdate. Berikutnya kita diminta merestart laptop karena memang ketika saya coba belum berubah.

Ok, kalau begitu saya restart dulu laptop ini. <Setelah restart> Misal saya menulis: “Rumah Adat Dayak” .. dan ternyata OK, tidak salah ketik (“R”, “A”, dan “D”), karena saya tinggal menekan “PgUp+R” berarti sama dengan “Shift+R” yang dulu. Oiya, jangan lupa, kalau mau menekan panah “PgUp” harus diganti dengan “Shift”. Selamat mencoba semoga bermanfaat .. dan jangan buat iseng-isengan ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s