Melihat Rangking Jumlah Publikasi Jurnal Internasional Peneliti Indonesia

Akhir-akhir ini ada broadcast di grup whatsup bahwa peringkat publikasi Indonesia naik dan mengalahkan Thailand maupun Viet Nam. Iseng-iseng lihat di link berikut ini ternyata masih di bawah Thailand, meskipun di atas Viet Nam. Mungkin maksudnya jumlah jurnal Indonesia yang terindeks scopus barangkali.

Selisihnya pun cukup jauh yaitu hampir 1/3 thailand dan ¼ Malaysia. Namun dengan jumlah peneliti yang jauh lebih banyak dari negara-negara kecil di Asia Tenggara harusnya negara kita bisa mengungguli mereka. Terbukti China yang menyalip Jepang karena banyaknya jumlah peneliti, walaupun h-index (jumlah pensitasi) masih kalah dari Jepang (sekitar ¾ -nya). Sepertinya data itu kurang akurat mengingat beberapa peneliti dari Indonesia memakai afiliasi di luar Indonesia, terutama yang riset atau kuliah di kampus luar.

Bagaimana melihat rangking institusi di Indonesia? Caranya mudah, yaitu dengan Scopus (www.scopus.com) tetapi harus berlangganan scopus terlebih dahulu (link berikut).

Peringkat pertama masih ITB dan disusul dengan UI, UGM, IPB, ITS dan kampus-kampus negeri ternama tanah air lainnya. Bagaimana dengan Jakarta, Bandung, dan wilayah tertentu? Mudah, tinggal klik saja “City” dilanjutkan dengan “Limit to”.

Untuk pengindeks Ristek-dikti, Sinta Score, sepertinya UGM dan IPB masih mengungguli dari ITB dan UI. Sinta masih terus berbenah dan diharapkan menjadi standard untuk kinerja peneliti di Indonesia. Juga memacu jumlah publikasi internasional. Yuk yang belum daftar, segera registrasi (lihat caranya).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s