Instal Python di Windows

Saya mengenal nama bahasa pemrograman Python pertama kali pada tahun 2003. Rekan saya selain mengajar ternyata bekerja di perusahaan pengembang perangkat lunak. Bahasa yang digunakan di perusahaannya adalah Python. Dengan gayanya yang unik ciri khas programmer dia mengatakan bahwa bahasa pemrograman tersebut sangat “powerful”. Terus terang saya tidak terlalu tertarik karena waktu itu Visual Basic, PHP, dan Delphi merupakan pilihan utama bahasa pemrograman para mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Ternyata bagi para data scientist Python merupakan pilihan utama (selain bahasa R). Matlab sendiri tidak direkomendasikan karena berbayar.

Untuk optimalnya, Python diinstal di Linux karena full gratis. Jika diinstal di Windows tentu saja membutuhkan lisensi Windows. Tetapi bagi pengguna yang masih belum familiar dengan Linux (misalnya Ubuntu), dengan menginstal di Windows maka Python bisa langsung dipelajari. Situs untuk mengunduh software Python sudah tersedia (www.python.org). Saat tulisan ini dibuat tersedia versi 3.7.2. Pilih sesuai Platform OS Windows, misalnya 64 bit.

Saya lebih suka web-based installer karena tidak memenuhi ruang harddisk untuk master softwarenya. Jika ingin diinstal juga di komputer lain, pilih saja yang executable installer karena tidak perlu mengunduh dua kali.

Seperti biasa Windows butuh kepastian mengenai aplikasi yang akan diinstal. Ketik saja Run untuk memulai proses mengunduh sekalian menginstal. Saya lebih memilih menambahkan PATH Python agar bisa dijalankan di semua folder kerja dengan cara memberi checklist di pilihan tersebut.

Kita tinggal menunggu Setup Progres hingga selesai. Sebagai informasi, Python diciptakan oleh orang Belanda Guido Von Rossum yang sempat bekerja di Google. Maka tidak heran jika bahasa ini diterapkan di Google, Youtube, Yahoo, dan NASA.

Jangan khawatir, Python memiliki alat bantu yang bernama The IDLE Python Development Environment yang sering kita kenal pada bahasa pemrograman lainnya yaitu IDE.

Ada baiknya men-disable panjang path agar Python tidak bermasalah nantinya jika Path-nya di atas 260 karakter. Jalankan Python yang baru saja diinstal.

Seperti biasa tes program dengan “hello word” untuk memastikan bahasa pemrograman tersebut berjalan dengan normal.

Ternyata mirip dengan Shell pada Matlab dan sepertinya mudah juga, dan yang penting tidak berbayar. Silahkan mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s