Mengekspor dan Mengimpor BibTex Mendeley

Selain dengan memasukan langsung file pdf paper ke Mendeley, kita bisa juga memasukan paper yang akan disitasi lewat BibTex. File berekstensi *.bib biasanya disediakan oleh pengelola jurnal internasional. Kita tinggal unduh file tersebut dan pindahkan ke Mendeley, secara otomatis Mendeley akan mengeset referensi sesuai dengan style yang kita inginkan, misal IEEE, APA, Harvard, dan lain-lain. Terkadang jurnal-jurnal lokal di Indonesia tidak menyediakan BibTex, jadi mau tidak mau harus memasukan secara manual ke Mendeley. Postingan kali ini bermaksud memberikan alternatif selain input manual, yaitu lewat pembuatan BibTex dari paper yang tidak menyediakan file *.bib.

Membuat Template BibTex

Format BibTex mirip kode XML. Antara buku, jurnal, conference dan bentuk artikel lain berbeda satu sama lain. Hal ini terjadi karena tiap-tiap style membedakan penulisan buku, jurnal, prosiding, dan lainnya. Misalnya kita akan membuat template artikel jurnal. Klik kanan saja pada artikel di Mendeley dan pilih “Export”.

Simpan dengan nama yang kita inginkan, misalnya “Handayanto.bib”. Sebenarnya ada tiga pilihan yang tersedia yaitu BibTex, ris, dan EndNote XML.

Setelah disimpan, buka dengan “notepad” maka akan tampil format/kerangka BibTex yang dapat kita edit dengan paper lain. Pindahkan saja informasi artikel ke “handayanto.bib” yang telah dibuat sebelumnya. Isi point penting seperti author, title, volume, tahun dan lain-lain yang berada di dalam kurung kurawal ” { }”. Hapus informasi tentang file {} karena di sini kita tidak memasukan file.

Simpan dan coba drag ke Mendeley, pastikan dapat digunakan untuk referensi otomatis di naskah paper.

Uji dengan menginput ke naskah. Biasanya referensi terbentuk dengan baik sesuai style referensi yang diinginkan. Tentu saja ini khusus artikel yg tidak ada link download BibTex, kalau ada ya tinggal download dan ekspor ke Mendeley kita.

Entri ini ditulis dalam Riset dan Penulisan oleh rahmadya. Buat penanda ke permalink.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.