Membuat Activity Diagram dengan Microsoft Visio

Aktivity diagram merupakan salah satu diagram Unified Modeling Language (UML). Diagram ini menjelaskan lebih rinci diagram use-case dalam bentuk alur aktivitas. Selain itu, diagram ini menyediakan pula sebuah swimlane yaitu alur yang menggambarkan bagian/divisi yang bekerja. Di sini kita coba menggambar diagram activity dengan Microsoft Visio. Berbeda dengan Excel dan Access yang satu paket dengan microsoft office, microsoft visio berbeda paket dan harus membeli lisensi tambahan untuk aplikasi ini. Buka Visio dan kita buat diagram baru.

Pada bagian more shapes pilih software & database – Software – UML Activity. Tampak diagram-diagram yang digunakan oleh diagram activity muncul di bagian kiri visio. Klik, tahan dan pindahan diagram ke lembar kerja visio. Yang pertama-tama adalah Swimlane, yang berupa persegi panjang vertikal.

Untuk menambah aktor tekan dua kali di sisi kanan Swimlane untuk menambah. Di sini untuk aktivitas tertentu terkadang berisi divisi atau bagian dimana sebuah aktivitas berlangsung. Ganti nama Function menjadi nama yang sesuai.

Sedikit tip n trik, ketika membuat satu activity baru, lebih enak dengan copas dari yang ada agar ukurannya tidak perlu diseting lagi. Untuk penentuan posisi, ikut arah garis pemandu agar ketika membuat garis panah akar lurus tepat di “pin” pada activity. Berikutnya sediakan beberapa konektor berupa garis berarah panah.

Secara default, garis konektor tidak memiliki panah. Jadi kita harus menambahkan panah dengan cara mengklik kanan garis konektor dan klik format shape.

Sekarang konektor sudah memiliki panah/arah. Berikutnya tidak perlu melakukan langkah itu lagi karena kita tinggal meng-copy-paste saja konektor yang sudah memiliki panah. Berikutnya buat diagram activity Anda hingga selesai.

Pada diagram activity terdapat juga decision berupa belah ketupat. Di sini pertanyaan tidak berada di dalam belah ketupat, melainkan di luar. Ada baiknya juga tulisan di luar belah ketupat, bentuk belah ketupat jadi tidak terlalu besar. Jika masuk satu keluar dua, disebut decision, sebaliknya disebut merge. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Object Oriented Programming. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.