Praktikum Web Online

Aplikasi web saat ini merupakan aplikasi standar karena aplikasi berbasis desktop sudah jarang dijumpai. Perkembangan teknologi yang cepat pada bidang ini mengharuskan kampus ikut menyesuaikan pula. Mahasiswa selain mampu membuat disain pada lokal komputer, misalnya dengan php-mysql, harus mampu juga meng-online-kan. Jadi baik development dan production mahasiswa memiliki kemampuan itu.

Beberapa tempat hosting banyak dijumpai. Untuk mahasiswa hosting gratis menjadi andalan utama. Tentu saja dengan kapasitas yang seadanya. Tapi untuk aplikasi-aplikasi dasar tidak menjadi masalah. Misalnya www.000webhost.com seperti ditunjukan pada video di bawah ini.

Sebagai latihan dasar, skill yang dibutuhkan pada aplikasi Web adalah menghubungkan Web dan Database server. Biasanya menggunakan PHP dan MySQL, dilanjutkan dengan menjalankan proses Create, Read, Update, dan Delete, atau biasa disingkat CRUD.

Berikutnya adalah menambahkan Role atau hak akses yang membedakan pengguna biasa dengan administrator. Tentu saja dapat dikembangkan dengan role lainnya selain admin dan user biasa.

Silahkan coba manfaatkan fasilitas tersebut. Lumayan, gratis. Yang penting adalah bisa meng-online-kan aplikasi yang dibuat di server development (komputer/laptop kita).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.