Membuat Tabel di ACCESS 2007: Komputer II Ekbis FAI

Berikut langkah-langkah membuat Database Pembayaran Kursus:

  1. Buka Microsoft Office Access 2007.

  2. Pilih folder dan nama database yang akan dibuat:

  3. Jika sudah memiliki database dan hanya akan menambah table baru (tabel Pembayaran), maka klik Alt-F – Open, Cari lokasi filenya, maka setelah di klik, muncul databasenya.
  4. Buat satu tabel baru dengan nama pembayaran, Create – Table:

  5. Simpan dengan mengklik icon disket, beri nama misalnya “Bayar”.

  6. Untuk merancang sebuah tabel kita harus masuk ke menu disain dengan mengklik kanan tabelnya – Design View.

  1. Tambahkan field-fieldnya hingga terbentuk tabel dengan beberapa field yaitu : no_bayar, nim, nama dan alamat. (ID langsung diisi no_bayar, yang berfungsi sebagai “Primary Key”). NOTE: Jangan lupa menyimpan tabel yang telah kita disain. Jumlah diisi dengan tipe data (Data Type:number).

  2. Anda telah selesai membuat satu tabel baru pada database pembayaran, buat tabel lain yang memuat data mahasiswa, dengan cara no. 4 sampai no.7, sehingga nanti di jendela “All Tabel”, muncul dua tabel yaitu “Mahasiswa” dan “Bayar”. NOTE: Jika nama dan alamat diambil dari tabel mahasiswa, tentu saja tidak perlu dibuat field nama dan alamat di tabel bayar)

  3. Berikutnya kita akan membuat sebuah relasi antara tabel “mahasiswa” dengan tabel “bayar”. Klik menu “Database Tools – Relationship”.

  4. Dengan menu ini, secara visual kita akan mengkoneksikan antara kunci “Primary Key” dengan “Kunci Tamu”. Blok semua tabel yang akan dibuat relasinya. Klik “Add” dilanjutkan dengan “Close”. Klik dengan menekan tombol “Shift” agar terpilih kedua tabel tersebut.

  5. Untuk membuat relasi, klik NIM pada tabel mahasiswa, tahan dan gerakkan ke NIM pada tabel bayar (diistilahkan dengan drug), sehingga membentuk garis relasi.

  6. Ada berbagai jenis hubungan, tapi di Access tersedia pilihan tentang integrity, apakah jika NIM di tabel bayar jika dihapus maka NIM di tabel mahasiswa ikut terhapus/terupdate atau tidak bisa dilakukan dengan mencentang pilihan-pilihan:

  7. Selamat, Anda telah berhasil membuat sebuah relasi antara tabel bayar dengan tabel mahasiswa. Untuk mengisi data pada tabel, klik kanan tabel mahasiswa – pilih “Open”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s