Mengaktifkan Save Mode Windows 8

Kemarin karena menginstall plugin untuk mempercantik tampilan windows bernama valentin pack yang ternyata untuk windows 7, ketika login, laptop istri saya hang dengan tampilan layar hitam dan mouse yang memang berubah menjadi gambar love. Untuk memperbaikinya tentu saja meng-uninstall aplikasi tersebut, tapi bagaimana? Ketika start windows langsung mengakitfkan plugin tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan masuk ke save mode, kemudian menguninstallnya. Oke, langsung saja, untuk masuk ke pilihan Save Mode, windows 8 mengharuskan kita menekan Shift + F8. Beberapa kali ketika saya pandu istri saya terlambat menekan dan masuk ke menu login windows lagi, oleh karena itu harus diulang dengan restart. Jika berhasil (biasanya ada pesan waiting ..), maka Anda akan masuk ke menu sebagai berikut:

Pilih saja See andvanced repair options. Pilih yang tengah, troubleshoot.

Berikutnya akan muncul tampilan menu di bawah ini:

Untuk lanjut ke Save Mode, dapat anda tekan Windows Startup. Untuk kasus istri saya, cara termudah adalah masuk ke System Restore dan memilikih set point waktu yang lampau. Jika dijalankan akan meng-uninstall beberapa program yang diinstall setelah waktu set point. Satu kali istri saya gagal (ada pesan bahwa system restore tidak berhasil). Itu mungkin karena waktu setpoint yang dipilih terlalu lama. Akhirnya setelah memilih set point pada waktu yang tidak jauh dari saat ini, berhasil dan plugin yang terinstall dan menyebabkan windows 8 error berhasil di-uninstall. Ok, jika akan masuk ke Save Mode, pilih saja Windows Startup Settings. Pada beberapa versi windows sedikit berbeda, ada yang langsung restart, ada pula yang diminta setelah restart menekan tombol F1 – F9. Pilihan untuk save mode adalah F4. Jadi ketika restart, Anda harus siap-siap menekan save mode.

Restart, dan Anda siap masuk save mode.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s