Algoritma Genetik dengan Toolbox Matlab

Salah satu hal yang tersulit dari algoritma genetik adalah menentukan persamaan tujuan (objective function). Baik buruk model yang kita buat tergantung dari persamaan tujuan ini. Sebagai contoh ingin menentukan letak terjauh dari beberapa titik tetapi tetap berada di sepanjang jalan tertentu, misalnya untuk menentukan letak optimal SPBU. Setelah kita merancang Sistem Informasi Geografis (SIG) berikutnya kita menentukan layer-layernya, yaitu layer raster data (peta) layer persamaan jalan, layer lokasi-lokasi vital yang harus sejauh mungkin dari SPBU, dan terakhir letak optimal SPBU. Berikut ini contoh penerapannya.

Pada Matlab, untuk membuat model algoritma genetik sangat mudah karena sudah disiapkan toolbox yang dapat dibuka lewat start – toolboxes – dan seterusnya. Cari optimasi toolbox, dan Anda pilih GA toolbox. Ada sedikit pemanggilan fungsi, pertama pada jendela toolbox GA Anda memanggil fungsi tujuan, sementara pada fungsi tujuan, Anda memanggil fungsi jalan. Fungsi jalan adalah persamaan matematis yang mewakili garis jalan, persamaan ini sangat sulit saya kerjakan, tetapi dengan merubah menjadi orde -1, sedikit lebih mudah, walaupun hasilnya jalan menjadi segmen patah-patah.

Selain untuk mencari letak optimal SPBU, GIS yang terbentuk bisa digunakan untuk menentukan letak optimal lainnya yaitu persawahan, perumahan, perkebunan, perkantoran, hingga mendeteksi sebaran penyakit. Tentu saja sekali lagi, persamaan tujuan menjadi penentu baik buruk hasil optimasi.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Decision Support System, Matlab, Software Engineering. Tandai permalink.

2 Balasan ke Algoritma Genetik dengan Toolbox Matlab

  1. chlingga berkata:

    Saya mau tanya pak, semisal untuk menghubungkan antara optimtool algoritma genitka dengan tool jaringan syaraf tiruan apakah memungkinkan Pak, semisal memungkinkan caranya bagaimana ya ?

    • rahmadya berkata:

      caranya sederhana tetapi prakteknya bisa rumit. asalkan kita tahu menghitung fungsi objektif JST maka sudah pasti bisa jalan di optimtool untuk constraint yang sederhana (atau no-constraint).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.