‘Password crypt authentication not supported’ Problem di ODBC postgreSQL

Berhubung aplikasi WebGIS menggunakan Ruby on Rail dengan database PostgreSQL mau tidak mau Matlab menggunakan dua metode koneksi ke database tersebut:

  1. Dengan JDBC
  2. Dengan ODBC

Berhubung error ketika menggunakan JDBC dimana ada pesan kesalahan pada driver, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan ODBC. Buka ODBC di Administrative Tools yang sesuai (32 bit atau 64 bit), dilanjutkan dengan membuat database-nya.

Ketika selesai dibuat, check apakah sudah terbaca di Matlab dengan instruksi di command window:

getdatasources

Jika datasource ODBC Anda berhasil dibuat, akan muncul namanya di antara tanda petik pada variabel ans. Jika tidak, maka Anda harus mengulangi langkah pembuatan ODBC tersebut. Lakukan pembuatan koneksi.

Perhatikan pesan kesalahan (Message) : Password crypt authentication not supported. Pesan ini terjadi karena Windows tidak menerapkan encrypt password. Hal ini terjadi karena ketika membuat ODBC saya memilih PostgreSQL saja (default). Harusnya saya memilih PostgreSQL dengan unicode:

Disable SSL Mode kemudian lakukan ‘Test‘ dengan menekan tombol Test dilanjutkan dengan ‘Save‘. Buat koneksi conn lagi ke PostgreSQL (lihat help untuk koneksi database dengan Matlab). Pastikan tidak ada pesan kesalahan, serta jika Anda ketik isconnection(conn) di command window jawabannya satu bukan nol.

Cek dengan mengambil data:

Tampak isi tabel Projects saya di Ruby on Rail.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s