Octave – Matlab Versi Gratis

Lanjutan postingan sebelumnya yang kurang memuaskan nih, kita coba selain scilab. Silahkan donlot dari situs resminya, biar aman dari virus, sesuaikan dengan sistem operasi yang anda miliki.

Ada yang versi installer, ada yang portable, untuk lebih lengkap saya coba versi intaller saja (sekitar ratusan Mb).

Seperti biasa, khusus pemula klik saja next terus dan pilih yang default. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Lisensinya berbasis GNU, apa itu GNU? Sebenarnya GNU itu kalo dibalik UNG dan kalo dibaca mirip UNIX kan? Sebenarnya UNIX itu rencananya open source, tetapi ditelikung sama vendor jadi berbayar, akhirnya rombongan penggemar open source “beraksi” dengan mengembangkan sejenis UNIX dengan nama UNG yang open source, hingga terciptalah Linux .. katanya. Eh selesai .. instalnya.

Coba dijalankan saja. Test dengan fungsi-fungsi dasarnya, apakah sama dengan matlab? Ternyata tampilan prosesnya agak jadul juga (muncul console window beberapa detik). Tampilannya, mirip-mirip juga sih dengan Scilab dan Matlab.

Ok, fungsi matrix dasar berfungsi dan sama dengan Scilab. Bagaimana dengan programmingnya? Pertanyaan yang sama dengan pembahasan Scilab diawal tulisan. Buka/Open direktori kerja .. kok agak lama ya prosesnya. Sebelumnya saya membuat program dengan bahasa Matlab sebagai berikut:

function y=latih(x)

y=x*2

end

Disimpan dengan nama “latih.m”, oke kita coba jalankan dengan Octave.

>> latih(3)

y = 6

ans = 6

Wow .. dapat dijalankan. Sepertinya octave lebih menarik dari Scilab. Bagaimana untuk program lainnya? Kita coba saja fungsi M-file yang ada di matlab, misalnya fungsi norm yang menghitung normal euclidean (jarak) antara satu object dengan lainnya. Yah .. ternyata fungsi norm ada juga di octave.

Ok, berhubung ada yang bertanya mengenai Fuzzy C-Means (FCM) akan kita coba menjalankan fungsi FCM Matlab di octave .. Hmmm mudah-mudahan berhasil. Mula-Mula kita harus latihan dulu membaca listing code matlab. Fungsi fcm di matlab kelihatannya sederhana tetapi dia memanggil banyak sekali fungsi-fungsi yaitu:

Copy saja seluruh file itu di direktori kerja Anda. Sebenarnya ketika kita menjalankan fungsi fcm di octave, dia akan memberikan pesan error di line tertentu, telusuri saja maka Anda akan menemukan fungsi lainnya yaitu distfcm, initfcm, dst. Ok .. jalankan sesuai instruksi pada help fcm.

  • data = rand(100,2);
  • [center,U,obj_fcn] = fcm(data,2);

Ketemu dah pusat clusternya:

  • >> center
  • center =
  • 0.59526 0.66670
  • 0.35972 0.27357

Octave

Mantap .. FCM dapat berjalan di octave .. Bagaimana dengan Jaringan Syaraf Tiruan? Fuzzy? Coba saja, ga dilarang kok .. Selamat mencoba dan menikmati software Octave yang open source dan gratis dengan bahasa Matlab.

Iklan

2 thoughts on “Octave – Matlab Versi Gratis

  1. […] Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang menggunakan Matlab sebagai medianya. Ketika membuka Octave pertama kali, ada dua pilihan yaitu mode Command Line Interface (CLI) atau Graphical User Interface (GUI). Kita pilih yang mudah saja yaitu GUI. Tampak tampilan yang mirip dengan matlab. Untuk yang ingin menginstallnya, baca postingan saya yang lalu. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s