Optimasi Landuse dengan Matlab

Saatnya mulai membuat kode program matlab untuk mengoptimasi lokasi landuse dan landcover dengan data dari arcview/arcgis. Banyak algoritma yang digunakan oleh riset-riset optimasi saat ini, dua yang terkenal yaitu dengan Particle Swarm Optimization (PSO) dan Genetic Algorithms (GAs). Karena masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, banyak yang berusaha melakukan hybrid antara satu metode dengan metode lainnya yang ternyata menghasilkan efisiensi dan akurasi yang baik.

Gambar di atas memperlihatkan hasil optimasi landuse tipe lingkaran. Di sini kode masih agak error, dan belum menerapkan algoritma untuk constraint (terlihat result berwarna hijau kabur melewati batas wilayah), tapi untuk sementara cukup menggembirakan karena dapat menghubungkan antara matlab dengan arcview/arcgis untuk menampilkannya. Setiap selesai melakukan optimasi, untuk melihat hasilnya kita harus merefresh Arcview dengan menekan tombol layer .

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Geographic Information System, Matlab, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.