Koneksi Matlab dengan ArcGIS/ArcView

Sempet juga saya kelabakan ketika menerima hibah penelitian tentang spatial data yang diintegrasikan dengan algoritma tertentu. Karena kepepet, waktu itu saya menggunakan GUI matlab untuk membuat peta seperti arcgis dan juga bantuan aplikasi google map/earth yang ditempel di web berbasis ruby on rails, karena waktu kuliah web technology saya diajarkan bahasa pemrograman ruby on rails. Hasilnya kira-kira berikut ini:

Meneruskan riset yang sederhana tentang optimasi lokasi, untuk optimasi landuse tentu saja tidak bisa dengan cara seperti optimasi spbu yang memang terletak di pinggir jalan. Landuse akan mencari areal dua dimensi yang luas sekali, terutama untuk kasus kota bekasi yang luasnya sekitar 200 km persegi. Ternyata rumit juga terutama criteria/objective function untuk suitability. Ditambah lagi constraint untuk candidate locations, weh. Untuk sementara hasilnya seperti ini, semoga lancar ke depannya.

Iklan

4 thoughts on “Koneksi Matlab dengan ArcGIS/ArcView

  1. Assalamualaikum pak.
    Saya mau menanyakan perihal detail cara pengerjaannya pak, bagaimana cara memasukkan data hasil dari algoritma ke dalam database pak. Agar nantinya bisa saya tampilkan dalam bentuk peta seperti bapak. Namun saya menggunakan bahasa php dalam penampilan dan database postgresql.

    • pertama, konversi dulu koordinat ke latitude dan longitude yg sesuai. buat odbc postgresql, koneksikan dengan matlab, insert dari matlab ke postgresql.

      • Terimakasih atas pencerahannya pak. Sangat2 membantu sekali pak. Nanti akan saya coba dulu dan saya kabari lagi pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s