Membuat Kuesioner di Google Form

Saat ini survey lewat online banyak dilakukan oleh para periset karena kemudahannya dibanding lewat paper-based. Bahkan teknik Delphi yang melakukan kuesioner berulang, bisa juga lewat mekanisme online atau email (Skumolski et al, 2007), juga metode Analytic Hierarchy Process (AHP) di tulisan yang lalu. Saat ini, aplikasi kuesioner yang terkenal adalah google form yang dapat Anda akses di tautan berikut ini. Anda harus login google terlebih dahulu, karena fasilitas form ini masuk dalam lingkungan google docs.

Di sini saya akan membuat kuesioner untuk menentukan kompatibilitas dan dependensi (ketergantungan) antara satu tipe lahan dengan tipe lahan lainnya. Misalnya tempat tinggal akan kompatible dengan rumah sakit, sekolah, dan lain-lain tetapi tidak dengan industri dan sejenisnya. Tekan tombol create new form.

Jika ingin membuat tulisan saja, misalnya judul atau penjelasan dapat dengan memilih Section Header. Berikutnya jika berupa multiple choice tinggal pilih jenis pertanyaannya. Jika tidak pilih yang sesuai.

Saya menggunakan Grid karena berupa skala dari berbagai pilihan. Terakhir, untuk mempermanis tampilan, Anda dapat memanfaatkan fasilitas Theme yang tersedia, berikut hasil yang saya buat.

Selamat mencoba kemudahan yang diberikan oleh Google, Oiya, hasilnya dapat Anda lihat berupa aplikasi online yang mirip Excel yang sepertinya harus diunduh dan dimodifikasi terlebih dahulu untuk diolah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s