Ekspor KML dari Google Earth Pro ke SHP ESRI (ArcView/ArcGIS)

Salah satu kelebihan Google adalah aplikasi yang bersifat gratis, walaupun versi Pro pada Google Earth. Silahkan install dan kenali fasilitas dan kemudahan-kemudahan yang diberikan. Di sini sedikit dibahas bagaimana berinteraksi antara ArcGIS dengan Google Earth.

Untuk memasukan data shapefile dari arcGIS ke google earth, sepertinya tidak ada masalah, tinggal masuk ke menu File – Import. Agak sedikit ribet ketika mengekspor dari Google Earth ke ArcGIS, biasanya jika kita selesai menggambar polygon, atau memodifikasi points dari google earth untuk kemudian dianalisa di ArcGIS. Caranya mudah saja, di sini misalnya kita telah memodifikasi titik-titik komersial di suatu kota, misalnya Bekasi. Arahkan mouse ke data tersebut dan pilih Save Place As. Tidak ada pilihan shp, tapi tidak apa-apa, pilih saja KML atau KMZ, misalnya kita pilih KMZ.

Jika sudah diberi nama arahkan ke folder tujuan file kmz tersebut. Setelah itu buka arcGIS anda, oiya beri nama sementara dulu karena nanti harus sedikit modifikasi agar diperoleh data yang clean.

Pada ArcGIS terdapat fasilitas mengkonversi KMZ menjadi layer, letaknya dapat dicari di menu “Search“. Pilih KMZ to Layer. Jangan khawatir jika yang ditemukan KML to layer, karena sama saja.

Klik tool tersebut dilanjutkan dengan mencari letak file kmz yang telah kita ekspor dari google earth pro. Jangan lupa letak folder hasil konversi.

Klik OK maka Anda telah berhasil mengkonversi dari KMZ menjadi shapefile untuk diolah di arcView atau ArcGIS. Masalahnya adalah dari sisi tampilan kurang bagus, oleh karena itu saya sedikit memanipulasi dengan clipping agar dihasilkan points sesuai dengan keinginan.

Sepertinya kurang sedap dipandang mata. Buka menu Geoprocessing dan pilih Clip setelah sebelumnya menyortir data hasil konversi. Klik kanan pilih tabel.

Dari tabel sorot bagian yang diperlukan saja, biasanya Id atau atribut lainnya yang diperlukan saja. Gunakan cara yang sama ketika mengisi nama saat konversi kmz ke shp yang telah dijelaskan di muka. Hasilnya seperti di bawah ini.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

7 tanggapan untuk “Ekspor KML dari Google Earth Pro ke SHP ESRI (ArcView/ArcGIS)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.