Can’t delete DBF field from ArcMap 10 table view window

Ketika utak-atik tabel, terutama saat ingin mendelete, ternyata tidak ada pilihan “delete”. Bingung juga, yang membuat saya bingung adalah kenapa dulu bisa sekarang tidak bisa? Maklum problem “orang tua”. Akhirnya iseng-iseng buka google dengan kata kunci “cannot delete table arcgis” (siapa tahu dapat jawaban yang memang biasanya sih ketemu jawabannya). Ternyata ketika saya buka situs khusus ArcGIS, aneh juga banyak yang bilang itu “bug”. Yang “gila”nya lagi banyak yang menyarankan untuk mengekspor shapefile ke shapefile yang baru, tentu saja merepotkan bagi saya.

Tadinya saya percaya, tetapi saya bertanya dalam hati, kenapa kemarin bisa sekarang tidak bisa, tentu saja tidak ada yang error di aplikasi. Setelah saya ulang lagi cara saya menginput data, ternyata ketemu solusi masalah di atas. Langkah pertama adalah mengklik kanan peta yang akan anda utak-atik tabelnya.

Pilih Edit FeaturesStart Editing. Klik “Continue” ketika muncul jendela baru. Solusi yang sederhana, walaupun sempat merepotkan. Jadi, jangan terlalu percaya dengan google, dan coba selesaikan terlebih dahulu sendiri, anggap aja olah raga asah otak, he he.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s