Menghitung Luas Area Polygon di Arcmap 10

Terkeadang kita diminta berapa luas wilayah yang cocok untuk menanam padi, ruang terbuka hijau, dan sebagainya. Apalagi bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia perencanaan wilayah. Berikut ini contoh ruang terbuka hijau di kota bekasi yang akan dihitung luas areanya.

Pertama-tama adalah membuka tabel dengan cara klik kanan pada map di table of content. Buat satu field baru untuk menampung area di tiap-tiap polygon karena pada contoh di atas ruang terbuka terdiri dari banyak polygon.

Setelah menambahkan field baru beserta format datanya sorot semua dan klik kanan untuk melakukan kalkulasi geometri. Oiya, pilih format data dengan presisi beberapa digit di belakang koma, karena luas kebanyakan berformat desimal.

Saya menggunakan unit kilometer persegi yang jika salah memilih format angka, banyak yang berupa angka nol. Dengan memilih double saya bisa memperoleh beberapa digit di belakang koma, tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan, karena sangat berhubungan dengan resource. Berikutnya kita akan menghitung total area seluruh polygon tersebut. Sorot Id dan pilih Summarize setelah klik kanan.

Total area dapat anda lihat dengan cara yang sama tapi dengan menekan Statistics … yang akan memunculkan data-data seperti di bawah ini.

Perhatikan, Anda telah berhasil mendapatkan jumlah sebesar 35,28 km persegi. Tentu saja Anda harus memastikan projection sudah benar. Luas kota bekasi adalah sekitar 210,49 km persegi (atau 21.049 hektar), jadi prosentasi ruang terbuka kota tercinta ini adalah 16.76 persen, harus dipertahankan syukur-syukur bisa ditambah hingga 20 – 30 %. selamat mencoba.

Iklan

2 thoughts on “Menghitung Luas Area Polygon di Arcmap 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s