Problem Touch Windows di Surface RT yang tidak Merespon

Setelah mencari cara menyelesaikan problem touch windows surface di internet beberapa lama saya tidak berhasil menemukan jawaban, baik jawaban praktis maupun jawaban inti permasalahan mengapa ketika logo windows di surface ditekan, hanya muncul getaran saja, tidak ada respon untuk ‘‘wakeup” atau berubah ke menu utama windows 8.1.

Berbeda dengan surface pro yang memang benar-benar laptop, surface rt merupakan windows versi tablet yang berprosesor ARM yaitu prosesor khusus tablet dan HP dengan penggunaan daya yang rendah sehingga mampu menghemat baterai tablet/hp. Salah satu keunggulan RT dibanding pro menurut informasi dari youtube adalah kecepatannya wakeup dari kondisi sleep. Jadi jika saya mengetik dan melakukan aktivitas lainnya sekaligus, saya tidak perlu menunggu waktu lama jika ingin melanjutkan mengetik lagi, tinggal menyalakan tablet saja. Nah di sinilah repotnya, setelah beberapa kali update, ternyata logo windows surface tidak merespon (hanya bergetar) ketika ditekan untuk ‘membangunkannya’. Sebenarnya bisa dilakukan dengan menekan tombol power, tetapi muncul kekhawatiran kalau tombol terlalu sering ditekan lama-lama bisa error walaupun saya yakin windows merancang tombol power yang tahan lama. Tapi tentu saja lebih oke jika membangunkan surface dengan tombol touch screen – nya karena sentuhan tidak terlalu melelahkan secara fisik.

Ada beberapa saran yang berhasil ditemukan dari internet, namun hanya satu saran yang berhasil yaitu mereset windows ke kondisi awal (factory setting). Ternyata berjalan normal kembali touch screen windowsnya walaupun terkadang harus menekan beberapa kali. Kuat dugaan bahwa ketika tombol touchscreen windows ditekan, sepertinya windows membutuhkan cukup banyak proses sehingga membutuhkan waktu, kecuali jika kondisi sleepnya hanya sesaat (ketika baca ebook tiba2 sleep). Bahkan pernah ketika ditekan saya tunggu hampir 1 menit baru lock screennya muncul. Jadi ketika update windows, tablet sepertinya berat dan agak kesulitan ketika wakeup lewat touch screen, atau karena windows surface versi anyar letak logonya di kanan bukan di bawah seperti versi pertamaya?

Memang banyak yang kecewa dengan surface rt karena tidak ada GSM dan tidak bisa diinstal aplikasi-aplikasi layaknya laptop (program exe seperti spss, matlab, dll). Tapi jika anda penulis atau penggemar internetan, surface rt memiliki keunggulan dibanding laptop atau surface pro karena wakeupnya yang cepat secepat anda menghidupkan hp ketika ingin menelpon dan tentu saja, baterainya yang tahan lama (kaget juga surface yang masih menyala dengan baterai masih ada ketika tiga hari tidak digunakan). Yang sedikit mengagumkan adalah kecepatan men-charge nya yang tidak sampai lima belas menit). Akhirnya saya males untuk mengupdate surface khawatir ada masalah. Sebelumnya juga ada masalah ketika update dimana windows memberikan sekuriti tambahan ke browser yang mengakibatkan saya tidak bisa akses ke internet kampus yang menggunakan proxy yang tidak tersertifikasi windows. Waktu itu saya melakukan reset windows dgn pilihan yg bukan reset factory setting (hanya update saja yang dibatalkan). Mohon saran di komentar bagi yang berpengalaman dengan windows surface.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s