Konversi Mat-File ke Shapefile

Kalau di postingan sebelumnya shapefile yang berisi data spasial dari GIS tools (ArcGIS, ArcView, dll) sudah berhasil diolah clustering-nya, kemudian kita akan membuat pusat cluster di GIS, mau tidak mau kita membutuhkan sarana konversi dari Matlab ke GIS tool, di sini akan dicontohkan menggunakan ArcGIS. Buka lagi Matlab yang lalu. Fungsi Matlab yang diperlukan untuk menyimpan mat menjadi shapefile adalah “shapewrite”. Di sini agak sulit dibanding “shaperead” karena kita diminta menyiapkan wadah sebagai format untuk data spasialnya, termasuk proyeksi-proyeksi yang diperlukan agar bisa terbuka dengan baik di ArcGIS. Cara termudah membuat wadah adalah lewat ArcGIS.

Di sini kita siapkan shapefile untuk tempat mat yang akan diekspor. Jangan lupa gunakan proyeksi koordinat, lihat postingan sebelumnya tentang problematikan projection. Jika sudah kita kembali ke Command Window Matlab dan bersiap melakukan konversi dari Matlab ke ArcGIS. Sebelumnya panggil dulu center yang akan dipindahkan ke ArcGIS.

Perhatikan dua koordinat center yang berasal dari file “comm_center.dat” hasil clustering. Kemudian kita siapkan variabel wadah dari ArcGIS yang baru saja kita buat shapefilenya. Saya memberinya nama “center_commercial.shp”.

revisi_blog

Di sini shaperead memanggil wadah tempat menyimpan yang bernama “center_commercial.shp”. Dilanjutkan dengan men-transpose agar berformat baris. Jumlah titik bermaksud untuk persiapan looping memasukan data dari mat ke tiap-tiap koordinat.

revisi_blog2

Pastikan tidak ada pesan kesalahan yang terjadi. Fungsi shapewrite membutuhkan wadah, dalam hal ini variabel bernama “data” yang sudah terisi data baru, serta nama shapefile yang sama dengan wadahnya. Kembali kita ke ArcGIS untuk melihat center yang sudah dalam format shapefile bernama “center_commercial.shp” itu.

Perhatikan dua titik center itu sudah muncul di peta bekasi, dan karena proyeksi mengikuti wadahnya, maka tepat berada di lokasi yang di tuju di dalam wilayah bekasi. Kalo pengen membuat jangakauannya, bisa dengan teknik euclidean distance seperti postingan sebelumnya. Keren ya, Matlab bisa ke mana aja penggunaannya.

Iklan

2 thoughts on “Konversi Mat-File ke Shapefile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s