Menampilkan Data Geospasial dengan Matlab

Untuk pertukaran data antara matlab dengan GIS tool bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi shaperead dan shapewrite seperti sudah dijelaskan pada postingan yang lalu. Setelah itu data hasil olahan Matlab dapat dibuka dengan ArcGIS atau GIS tool lain yang gratis, misalnya Google Earth (tentu harus dikonversi terlebih dahulu menjadi KMZ, lihat postingan untuk konversi ke aplikasi ini). Sebenarnya Matlab sendiri memiliki fasilitas untuk menampilkan peta. Lihat link youtube berikut untuk merepresentasikannya.

Bagi yang memiliki Matlab tapi versi yang lama dan tidak memiliki fasilitas-fasilitas terbaru dalam menangani data geospasial, beberapa institusi yang sudah mengembangkan sendiri M-file untuk mengolah data spasial bersedia men-share. Salah satunya adalah situs M_Map: A Mapping Package for Matlab. Silahkan buka dan pelajari, isinya adalah menampilkan figure yang berisi koordinat geospasial, dengan tampilan proyeksi, grid dan skala yang sudah terstandar.

Bahkan bagi yang suka mengelola citra satelit, Matlab sudah mampu menampilkan citra satelit yang memiliki format Red, Green, Blue (RGB). Silahkan pelajari link Youtube berikut ini bagi yang tertarik dengan pengolahan citra RGB yang bisa juga diterapkan ke bidang lain selain remote sensing.

Demikian info singkat yang saya sendiri masih dalam tahap penjajagan. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s