Publikasi Jurnal Internasional

Lama tidak ngeblog, maklum sibuk membuat tulisan yang akan dipublish. Menulis di Jurnal internasional merupakan salah satu syarat lulus jenjang Doktoral di hampir kebanyakan kampus di dunia. Jurnal internasional berisi ilmu-ilmu baru yang berasal dari riset dimana tidak atau belum pernah dilakukan riset sejenis sebelumnya. Hal-hal baru itu sering diistilahkan dengan “research gap”. Research Gap walaupun hanya sebagian kecil dari ilmu yang berkembang hingga saat ini tetapi sangat sulit untuk diselesaikan. Bahkan mencari research gap itu sendiri membutuhkan studi literatur yang cukup banyak.

Dulu saya pernah posting lika-liku penulisan jurnal ketika studi lanjut tingkat S3. Termasuk apa itu progress meeting (tidak semua kampus menerapkan ini). Lihat bagian “update”, ternyata saya menulis hingga publish, hampir butuh waktu dua tahun. Bukan waktu yang singkat.

Berikut ini adalah link tulisan saya yang dipublish di jurnal “Sustainability”. Ketika disubmit saya merasa kurang sempurna. Tetapi ternyata aspek “kebaruan” dan adanya “research gap” sangat menentukan diterima atau tidaknya naskah, selain tren saat ini. Kebetulan tulisan saya sangat berkaitan dengan tren saat ini yaitu sustainability, atau yang dalam bahasa kita diistilahkan dengan “berkelanjutan”.

Impact: SCImago Journal & Country Rank

Tentu saja sebaiknya sebelum submit pastikan tidak ada kesalahan-kesalahan yang sifatnya “elementer”. Sayang sekali kan kalau tulisan yang bagus ditolak karena masalah-masalah kecil. Tetapi jangan takut, reviewer dan editor manusia biasa dan memiliki pertimbangan lain untuk tulisan yang akan dipublishnya. Research gap tulisan saya adalah menerapkan algoritma optimasi untuk mencapai “sustainable urban form”.

Iklan

One thought on “Publikasi Jurnal Internasional”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s