Tablet Mode VS Desktop Mode di Windows 10

Setelah era Windows XP dan Windows Vista yang gagal, Windows 7 termasuk berhasil. Serangan sistem operasi Android dan membanjirnya telepon genggam membuat Microsoft berusaha merebut hati konsumen lewat sistem operasinya yang mendukung gadget dengan memunculkan Windows 8. Waktu itu saya sempat membeli Microsoft surface dengan Windows 8 yang cukup cepat.

Namun demikian versi mobile sangat tidak nyaman untuk laptop. Sebenarnya bukan tidak nyaman melainkan belum terbiasa saja. Butuh waktu beberapa bulan bagi saya untuk terbiasa dengan Windows 8. Dari letak program file yang tidak ada (walaupun bisa dengan search tetapi terasa kurang nyaman, masak terus-terusan searching. Akhirnya muncul sistem operasi baru bernama Windows 10.

Untuk memikat pengguna sepertinya Microsoft menggunakan taktik menggratiskannya asal memiliki lisensi di Windows sebelumnya (Windows 7, 8, dan seterusnya). Setelah mencoba ternyata lumayan cepat juga, terutama di laptop mini dengan prosesor seadanya yang baru saya beli. Ternyata Versi Pro lebih cepat dibanding versi Home. Selain itu penggunan memori juga lebih minimal, cocok untuk laptop 2 Gigaan.

Dan yang terpenting adalah adanya pilihan tablet mode dan Desktop mode yang memberi kebabasan pengguna mengikuti Windows 8 atau Windows 7 formatnya. Silahkan masuk ke menu setting dan cari2 sendiri cara memilihnya. Hmm .. ternyata saya lebih menyukai Tablet mode yang menyerupai Windows 8. Sepertinya wakeup lebih cepat dari versi desktop (mungkin perasaan saya saja). Tetapi semua terserah pengguna, mana yang lebih familiar. Berikut ini tampilan versi tablet dari Windows 10 pro.

Update: 19 Juli 2017

Ternyata ketika menjalankan ArcGIS di tablet mode ada sedikit kelambatan, bahkan sempat hang ketika mengoperasikan analisa spasial. Sepertinya tablet mode tidak cocok dengan karakter multi-tasking Windows. Akhirnya balik lagi ke Desktop mode.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s