Membuat Peta dengan ArcGIS dari Image IDRISI

Untuk membuat peta, ArcGIS memiliki keunggulan dibanding dengan IDRISI yang biasa digunakan untuk pemodelan dan pemrosesan citra satelit. Akan tetapi banyak dijumpai masalah-masalah ketika mengekspor gambar Idrisi ke ArcGIS. Berikut trik sederhana untuk menggambar image dari Idrisi dengan ArcGIS.

Langkah pertama adalah membuat folder kerja ArcGIS dan mengetahui letak image Idrisi yang akan dibuat peta-nya. Drag file teresebut dari ‘Catalog’ ke lembar kerja.

Salah satu hal yang membuat Idrisi sedikit ribet adalah adanya ‘background’ berwarna merah. Untungnya tanpa memanggil ArcToolbox ‘Spatial Analysis’ dapat dihilangkan, yaitu dengan Simbology yang ada di properties.

Atau dobel klik saja layernya, kemudian masuk ke tab ‘Simbology’ untuk menghilangkan ‘Background’ nya yang tidak ingin kita gambar di Layout ArcGIS (lihat post sebelumnya tentang layout) nantinya. Atur juga warna indikator di peta yang akan digunakan untuk ‘Legend’ nantinya.

Masuk ke menu “layout view” untuk membuat peta. Tambahkan “legend” dan pendukung peta lainnya hingga dihasilkan peta yang siap dicetak/digunakan. Semoga bermanfaat.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.