Grafik Perbandingan Menggunakan Legend pada ArcGIS

Postingan yang lalu telah dibahas cara membuat grafik perbandingan dengan doughnut. Jika tidak jelas hasilnya maka fungsi dari perbandingan jadi hilang. Oleh karena itu dicari cara bagaimana membuat perbandingan yang jelas bagi pembaca. Kejelasan bagi pembaca merupakan salah satu aspek penting dari suatu publikasi. Tampilan akan kita coba menjadi bentuk di bawah ini dengan kotak berwarna menggambarkan jenis lahan (kelas tertentu dari land use).

Perhatikan gambar di atas. Pembaca akan dengan mudah melihat perbandingan kelas-kelas minoritas (prosentasi yang satu digit). Bagaimana caranya? Mudah saja, gunakan saja “legend”. Tidak perlu menggunakan insert grafik seperti postingan yang lalu.

Pertama-tama gunakan legend dengan format kotak dan di sebelah kanan prosentase lahan. Kemudian untuk yang sebelah kiri, mudah saja, pilih dengan men-checklist pembacaan dari kanan ke kiri (right to left) pada editing “legend”.

Oiya, sebelumnya karena membaca dari kanan ke kiri, tulisan 0.175 % harus diset menjadi % 0.175 supaya tidak ikut terbalik. Hasilnya sebagai berikut.

Langkah terakhir adalah menyatukan dua legend tersebut (kotak kelas-nya). Di sini kejelian mata dibutuhkan agar benar-benar nempel. Cara ini agak selebor. Seperti kata Gus Dur .. “Gitu aja kok repot”, yang penting jadi, he he.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s