Melihat Data Network Hasil Training JST – Versi GUI

Pada postingan yang lalu telah dibahas cara mengetahui hasil training Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan command window. Begitu juga bagaimana mengupdate salah satu parameternya, misalnya bias dan bias, sudah dibahas. Tetapi beberapa pembaca sepertinya agak kesulitan dengan instruksi-instruksi lewat command window. Oleh karena itu di sini akan dibahas cara yang jauh lebih mudah yaitu dengan “nntool”, salah satu GUI bawaan Matlab untuk merakit JST.

Sebenarnya masalah ini muncul ketika saya mencari kembali hasil training JST untuk peramalan (lihat post peramalan dengan JST di sini). Masalah yang sering dijumpai adalah “lupa”, karena banyaknya yang harus dikerjakan terkadang membuat seseorang lupa. Untungnya saya aktif menulis, tinggal masukan kata kunci di kolom “search” blog, catatan terdahulu yang dicari langsung ketemu. Jadi blog itu seperti catatan yang disimpan di “awan (cloud)” yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Buka Matlab dan ketik nntool di command window.

Sebelumnya load terlebih dahulu Mat-file hasil training yang berisi variabel-variabel network. Di sini saya ada 7 variabel network yang saya sendiri lupa konfigurasinya. Setelah menekan “Import” di nntool maka muncul pilihan variabel yang akan dilihat. Ambil salah satu variabel hasil loading yang ada di workspace Matlab, dilanjutkan dengan kembali menekan Import setelah memilihnya.

Tekan Ok ketika ada informasi bahwa netwok telah berhasil diimpor. Tutup lagi sementara jendela Import to network/Data Manger. Perhatikan nntool kini telah muncul Network1 hasil impor. Untuk melihat isi dari variabel itu dobel klik saja di variabel tersebut.

Sebenarnya gambar di atas sudah cukup untuk mengetahui struktur JST yang telah dilatih dahulu. Misalnya input yang berjumlah 4 variabel dengan 1 keluaran. Hidden layer yang terletak di tengah tampak berjumlah sembilan. Gambar di atas khusus untuk Matlab versi 2013 ke atas, sementara Matlab versi yang terdahulu tidak memunculkan informasi tentang neuron-neuronnya. Silahkan tekan View/Edit Weights jika ingin melihat konfigurasi bobot-bobotnya. Kebetulan saya memiliki 4 variabel data yang akan dicoba prediksi dengan JST tersebut. Atau jika tidak ada, buat saja sendiri di command window. Tambahkan data input di nntool.

Tekan tombol Simulate pada network untuk memprediksi. Cara ini bisa juga dengan command window lewat instruksi sim.

Ada pesan untuk melihat nntool karena hasilnya dikirim ke sana. Jika sudah kembali ke nntool, tekan dua kali Output. Tampak hasilnya.

Sepertinya dengan nntool tidak banyak mengetik, alias tinggal klak-klik mouse saja. Jadi dengan empat masukan pada data akan menghasilkan satu keluaran (0.48). Di sini sebaiknya kita menggunakan normalisasi data, kalau bisa normal Euclidean, karena matrix yang dibuat dengan normal euclidean ortogonal yang disukai JST.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.