Online Education Research

Riset tentang pendidikan jarak jauh (PJJ) melibatkan banyak bidang ilmu (multidisiplin). Karakternya yang banyak melibatkan ilmu sosial membuat tiap tempat berbeda karakternya, sehingga melibatkan institusi-institusi tiap negara. Lihat postingan terdahulu tentang webinar (seminar online) PJJ. Beberapa hari yang lalu ada kiriman buku tentang riset pendidikan daring di Indonesia, cocok untuk yang ingin memulai riset di bidang ini.

Setelah membaca sekilas banyak informasi-informasi yang diberikan dalam buku itu. Kalau pun tidak detil, pembaca bisa membaca rujukan yang disertakan, kebanyakan berupa paper ilmiah (jurnal internasional). Jangan takut, banyak cara untuk mengunduh jurnal-jurnal yang berbayar tersebut. Berikut informasi yang diberikan:

  • Riset PJJ di Indonesia, bahkan di Asia, masih sangat kurang. Kebanyakan oleh negara-negara maju seperti AS, Australia, dan Eropa.
  • Banyak jurnal-jurnal rujukan yang disertakan (dalam tabel) yang bisa kita baca lebih lanjut setelah mengunduh paper tersebut. Cocok untuk yang ingin membuat proposal disertasi/studi lanjut s3.
  • Disertakan teori-teori pembelajaran (walau secara umum) sebagai referensi.
  • Dijelaskan teknik-teknik untuk riset (jenis-jenis riset, teknik pengambilan data, dan lain-lain)
  • Ada pembekalan dalam menulis artikel ilmiah (memilih jurnal sasaran, mengatur tulisan-tulisan yang disubmit, dan pengertian-pengertian tentang submit, minor/major revision, dan lain-lain)
  • Strategi untuk mengaplikasikan PJJ di Indonesia agar lebih efektif

Apapun saat ini sudah mulai di-online-kan. Mau tidak mau kita harus mengerti konsepnya, begitu juga dengan para dosen dan pengajar, konsep e-learning harus dikuasai. Ada tiga sisi dalam diri seorang dosen: Peneliti, Pengajar/pendidik, dan Pengabdi. Jadi riset untuk meningkatkan pengajaran jangan dilupakan juga. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s