Beralih dari Program Berbasis Konsol ke Graphic User Interface (GUI) pada Matlab

Berbasis konsol atau yang dikenal dengan istilah teks merupakan pemrograman tertua. Sebelum ada pemrograman visual, pemrograman teks menjadi andalan para programmer dalam membuat suatu aplikasi. Pada Matlab, pemrograman berbasis teks masih digunakan dalam bentuk command window dan m-file.

Command Window

Command Window merupakan dasar pemrograman pada Matlab. Matlab menyediakan m-file, yaitu suatu file yang berisi kode program. Ada dua jenis yaitu script dan function. Biasanya yang digunakan adalah function. Sementara itu command window digunakan untuk menguji apakah suatu kode dapat berjalan dalam m-file. Diibaratkan pelukis yang akan menggambar sebuah lukisan, command window adalah plat yang digunakan pelukis untuk mengecek warna sebelum dituangkan ke lukisan. Pada Matlab, sebelum seorang pemrogram menulis kode di m-file editor (editor yang disediakan Matlab untuk mengetik program), sebaiknya diuji dahulu di Command Window. Jika di Command Window berjalan dengan baik, maka di m-file biasanya berjalan dengan baik juga.

Graphic User Interface (GUI)

Pertama kali Matlab diluncurkan, tidak disertai dengan pemrograman visual. Walaupun demikian, beberapa pemrogram bisa menciptakan GUI dengan kode-nya. Namun agak merepotkan. Akhirnya di versi-versi berikutnya, toolbox GUIDE dibuat, yaitu toolbox untuk merancang input-output dalam sebuah jendela program. Ketika GUI mudah dibuat, kemampuan Matlab dalam komputasi sedikit terbantu, yaitu dari sisi user friendly program yang dibuat programmer.

Kendala-Kendala

Beberapa masalah muncul ketika beralih dari konsol ke GUI. Bagi pengguna yang biasa menggunakan visual basic, delphi, dan pemrograman visual lainnya, sedikit heran dengan format GUI pada Matlab. Bentuk antar fungsi Matlab sepertinya sudah berbasis object, sehingga ada sedikit aturan yang harus diikuti programmer. Untungnya Matlab menyediakan bantuan (sekadarnya). Contohnya adalah teknik menangkap masukan, serta mengkonversinya menjadi numerik (jika yang ditangkap angka). Di bagian atas fungsi terdapat bantuan kode yang bisa dicopas.

Perhatikan “Hint” di atas yang saya copy ke kode yang dibuat (jumlahPL). Ada sedikit metode penanganan object (diistilahkan dengan “handles”). Supaya tidak bingung, ikuti saja penamaannya (yaitu dengan istilah “handles”) walaupun sebenarnya bisa diganti.

Ketika riset, saya menggunakan konsol untuk optimasi penataan wilayah. Program berjalan dengan baik (lihat artikel tersebut di jurnal internasional, dan conference), tetapi ketika coba dijalankan dengan GUI beberapa fungsi seperti type, dan pareto diblok Matlab karena merupakan fungsi bawaan Matlab (padahal ketika dijalankan pada konsol (Command Window) berjalan dengan baik. Akhirnya dengan susah payah saya ganti dengan nama lain yang belum dimiliki Matlab. All in all .. sepertinya beralih ke GUI menjadi keharusan karena dapat memudahkan user memakainya, apalagi saat ini sudah terkoneksi dengan sistem database dengan mudah. Sekian, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s