Mengganti Afiliasi pada Scopus

Biasanya mahasiswa yang sedang kuliah memiliki akun Scopus sementara sampai yang bersangkutan lulus. Saya sendiri masih diberi kesempatan beberapa bulan ke depan untuk bisa login, dan mumpung masih punya login ada baiknya mengubah afiliasi yang tadinya kampus tempat kuliah menjadi kampus tempat kerja saat ini. Pemicunya adalah pesan dari Scopus setelah login bahwa ada fasilitas baru Scopus untuk mengganti afiliasi dan juga detil nama author, langsung saja saya menjalankan fasilitas tersebut.

Untuk mengganti afiliasi, cara termudah adalah menyamakan dengan daftar nama yang sudah ada di artikel kita sebelumnya. Sebelumnya masuk ke Help (Support Center) untuk mencari informasi pergantian afiliasi. Ada isian tentang alasan pergantian afiliasi, nama afiliasi yang baru dan lain-lain.

Kebetulan saya pernah publish di jurnal internasional dengan nama afiliasi “Islam 45 University”, jadi jika kita meminta untuk mengganti afiliasi yang lama dengan afiliasi tersebut, prosesnya lebih mudah.

Prosesnya cukup lama ternyata, dua mingguan. Sebelum berubah Scopus memberitahukan bahwa permintaan disetujui.

Jika sudah disetujui tampak afiliasi yang sudah beralih ke afiliasi yang baru. Akhirnya saya sudah bisa mengucapkan selamat tinggal dengan afiliasi sebelumnya, tempat saya 5 tahun kuliah.

Mungkin informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang kuliah dan memiliki kendala afiliasi yang masih “nebeng” kampus tempat kuliah. Sekaligus juga menambah skor publikasi negara kita.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

5 tanggapan untuk “Mengganti Afiliasi pada Scopus”

  1. Terima kasih informasinya mb. Apakah harus registrasi dl ke scopusnya?
    Bagaimana jika alamat email yg digunakan di jurnal adalah email institusi waktu kuliah dulu? Apakah otomatis afiliasi berdasarkan alamat email?
    Terima kasih

    1. saya ganti afiliasi ketika ada paper terindeks scopus yg baru, lebih mudah. segaligus nanti scopus akan otomatis (atau klik suggestion) merger dua tulisan kita yg beda afiliasi

  2. Yth pak rahmadya. Saya izin bertanya pak..
    Permasalahannya seperti ini, Saya sebelumnya punya tulisan di jurnal scopus dengan menggunakan afiliasi PTN XX (tempat saya kuliah dulu) dan tulisan tsb sudah memiliki h index saya sudah mendapatkan ID Scopus nya, kemudian sekarang saya menulis artikel di jurnal scopus yang sama namun menggunakan afiliasi PTS ZZZ (tempat saya bekerja sekarang). Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ID scopus yang lama tetap sama untuk artikel saya yang baru dengan menggunakan afiliasi yang baru ini?

    2. Apakah jika kita mengganti afiliasi pada artikel scopus yang lama ke afiliasi yang baru, maka h-index yg diperoleh akan hilang?

    Mohon informasi nya Pak. Terimakasih sebelumnya..

    1. selamat malam pak. masalah yang saya hadapi sama dgn bapak. apakah bpk sudah bs mengganti afilasinya pak?mohon arahan pak supaya saya bisa ganti afilasi jg discopus pak. terimakasih

      1. apakah bpk sudah bs mengganti afilasinya pak? sudah berganti. untuk gampangnya, buat artikel yg terindeks scopus dengan afiliasi yg baru, kemudian lakukan cara-cara di atas. Scopus akan approve jika tulisan dgn afiliasi baru sudah terindeks. kalau mengganti atas permohonan sendiri saya belum pernah nyoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.