Mengedit Profil di Scopus

Scopus menjadi salah satu andalah pengindeks di Indonesia karena merupakan salah satu pengindeks yang konsisten dan ketat dalam menyeleksi naskah-naskah di seluruh dunia. Banyak naskah-naskah di tanah air baik dari jurnal maupun seminar sudah terindeks, tetapi beberapa penulis masih kebingungan cara mengetahui ID scopusnya (lihat link terdahulu cara mengetahui ID Scopus). Terkadang ketika sudah ada di Scopus, banyak penulisan nama dan afiliasi yang tidak sesuai. Hal ini terjadi biasanya karena salah pengisian data oleh pengelola jurnal/seminar. Postingan ini bermaksud sharing bagaimana merubah nama dan afiliasi. Dulu pernah posting seperti ini (klik di sini) tapi menggunakan ID Scopus berbayar, tetapi portingan kali ini akan kita gunakan ID Scopus yang gratis.

1. Sign Up

Langkah pertama adalah “Sign Up” ke Scopus. Apakah bayar? Ternyata Scopus telah membolehkan pengguna untuk daftar ke Scopus tanpa bayar. Tentu saja hanya untuk mencari afiliasi dan merubah/edit nama-nama di Scopus. Yang dapat dirubah hanya penulis yang tulisannya sudah terindeks Scopus. Jadi jika Anda belum memiliki tulisan yang terindeks di Scopus, tentu saja tidak bisa membuat ID Scopus sendiri.

Scopus menyebutnya fasilitas ini “Scopus Preview”. Hanya bisa mengutak-atik Author tetapi tidak bisa mencari dokumen yang terindeks scopus.

2. Pencarian Author

Di bagian atas ada menu “Author Search”. Coba klik dengan mouse Anda untuk masuk “Author Profile”. Pilih “Author Feedback Wizard” untuk mereview apakah ID Scopus kita berisi profil yang benar.

3. Mengedit Scopus Profile

Berikutnya mulai masuk ke menu editing. Di sini yang dapat diutak-atik adalah: 1) Preffered Name, 2) Merge Profiles, 3) Add and Remove Documents, dan 4) Update Affiliation.

Masukan nama Anda dan pastikan muncul di kolom pencarian. Gunakan minimal “Author last name” di isi, lebih lengkap dengan “first name” lebih baik.

Perhatikan ada 13 dokumen padahal saya sudah 14 dokumen. Kemudian afiliasinya “Islam 45 University” padahal di dokumen terakhir sudah saya tulis Universitas Islam 45 Bekasi, dan saya ingin namanya “Universitas Islam 45”, misalnya. Ikuti langkah-langkah yang diminta dimulai dari “Select Profile(s)”, “Review Documents”, “Review Affiliation”, hingga “Confirm and Submit”. Oiya, cheklist dahulu dengan mouse kotak di sebelah kiri nama Anda sebelum menekan “Review Documents” di bawah kanan. Pastikan nama sudah benar.

4. Review Dokumen

Masuk ke dokumen Anda yang di Scopus dan tambahkan dokumen lain yang tidak terdeteksi dengan menekan “Search Missing Documents”.

Banyak caranya baik dengan menekan Author, Title, dan DOI. Untuk mudahnya gunakan saja DOI jika sudah tahu. Perhatikan dokumen di bawah, tampak DOI yang tinggal dicopas ke “Search Dokuments” di atas.

Masukan ke isian “Search Documents”, jangan lupa di bagian kanan pilih “DOI”. Lanjutkan dengan menekan “Search”.

Pastikan dokumen ditemukan. Ceklis lingkaran di sebelah kiri dokumen dan tekan “Confirm Author” untuk melanjutkan nama Author yang akan diedit.

 

Pilih Author yang akan diedit. Perhatikan di sini seharusnya “Handayanto, Rahmadya Trias” tetapi dimasukan “Trias Handayanto, Rahmadya” oleh paper terakhir, oleh karena itu akan kita revisi. Tekan “Add Documents”.

Pastikan muncul satu dokumen baru tersebut dan lanjutkan dengan menekan “Review Affiliation”.

5. Review Afiliasi

Review afiliasi jika ada dokumen baru dengan afiliasi baru dan kita ingin mengikuti afiliasi tersebut. Terkadang afiliasi yang sama tetapi tulisannya ingin yang terbaru, misalnya “Islam 45 University” ingin saya ganti dengan standar terbaru “Universitas Islam 45” mengingat kampus bukan kata tetapi simbol seperti Merk yang tidak perlu diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Perhatikan kolom universitas bisa Anda piliah yang sesuai dengan menekan scroll panah bawah. Tentu saja Anda tidak bisa sembarangan mengisi nama di situ. Hanya dokumen yang sudah terindeks saja yang muncul.

6. Confirm & Submit

Terakhir adalah “Confirm & Submit”. Di sini kita meminta Scopus untuk merevisi Profile kita. Tentu saja bentuknya berupa proposal yang bisa saja ditolak oleh Scopus. Tetapi selama ini biasanya disetujui. Buka email yang digunakan untuk Login Scopus dan pastikan ada pemberitahuan mengenai proposal perubahan. Perlu diketahui bahwa langkah 1 sampai 6 di atas gratis (tidak berbayar). Tapi jika Anda punya akun Scopus berbayar bisa juga, bahkan sepertinya lebih baik.

Tunggu beberapa hari menunggu kabar dari Scopus mengenai perubahan yang diajukan. Sekian, semoga bisa sedikit membantu.

 

 

 

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.