Praktek Kode Standar SQL dengan Ms Access – CREATE TABLE

Structure Query Language (SQL) merupakan bahasa standar dalam mengakses suatu basis data. Bahasa ini dikatakan standar karena dapat dipergunakan untuk beragam sistem manajemen basis data (DBMS) seperti Ms Access, MySQL, Oracle, dan lain-lain.

Membuat/Create Tabel Baru

SQL memiliki tiga jenis instruksi, antara lain: data definition language (DDL), data manipulation language (DML) dan data control language (DCL). Salah satu instruksi penting dalam DDL adalah pembuatan tabel baru. Biasanya dengan cara mengklik pembuatan tabel, sebuah tabel dengan mudah dibuat dengan wizard yang ada di Ms Access. Tetapi ternyata dapat dibuat juga dengan script SQL seperti DBMS lainnya. Buka Microsoft Access yang disertakan satu paket dengan Microsoft Office.

Buka menu Create dan pilih Query Design untuk mempersiapkan jendela kode SQL. Tekan Close ketika diminta memilih tabel mana yang akan dibuat.

Buka teori tentang tata cara membuat suatu tabel dengan kode SQL. Searching saja di Google tata caranya. Untuk mengisi kode tekan SQL yang terletak di kiri atas jendela Access.

Lanjutkan dengan menulis kode SQL. Di sini kita mengambil contoh membuat tabel “dosen” yang berisi field-field antara lain: nip, nama, dan mata kuliah:

CREATE TABLE dosen (nip int primary key, nama varchar(25), mkul varchar(20));

Field “nip” yang merupakan “primary key” bertipe integer sementara “nama” dan “mkul” bertipe tex atau dalam Access dikenal dengan nama “varchar”. Jika nama memiliki panjang 25, mata kuliah (mkul) memiliki panjang 20 karakter. Tekan tombol tanda seru untuk menjalankan kode SQL tersebut. Jika tidak ada kesalahan maka tabel dosen dengan tiga atribut tersebut terbentuk. Silahkan menggunakan perintah lainnya misalnya untuk DML dengan instruksi SELECT yang akan mengambil data suatu tabel di database kita. Selamat mencoba.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s