Business Intelligence

Membicarakan Business Intelligence (BI), berarti membicarakan penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sebuah organisasi. Ada salah satu makalah yang bisa diunduh gratis untuk merunut dasar-dasar istilah andalan bidang Sistem Informasi (SI) ini. Selain itu silahkan baca artikel-artikel referensi yang disitasi oleh artikel jenis review tersebut.

Singkat kata, BI memanfaatkan metode-metode baik yang lawas yang terdapat dalam Sistem Pengambil Keputusan (Decesion Support System) dengan teknologi pendukungnya seperti Data Warehouse, Machine Learning, maupun teknologi terkini yang masuk Industri 4.0 seperti Big Data, AI, dan lainya. Bagan berikut bisa dijadikan patokan framework BI:

Sebelumnya harus bisa dibedakan Online Transaction Processing (OLTP) yang bertanggung jawab terhadap data transaksi dengan Online Analytical Processing (OLAP) untuk analisis yang dipakai pada framework BI. Data Mart sangat penting untuk mendukung pengambil keputusan. Data ini memang ekstrak dari data total yang bersumber dari Data Warehouse yang menggunakan istilah Extract Transform Load (ETL) yang sumbernya bisa dari dalam dan bisa juga dari luar (internet).

Jadi BI memang luas dan melibatkan teknologi-teknologi sehingga beberapa institusi sudah menjadikan BI sebagai jurusan baru yang terpisah dari jurusan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, maupun Sistem Informasi. Yuk, yang tertarik dengan bidang ini segera mempelajari informasi terkininya lewat jurnal-jurnal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.