Database Objek

Ketika pertama kali database diperkenalkan di tahun 70-an, bentuknya adalah relasional dan dikenal dengan istilah Relational Database Management System (RDBMS). Bentuk ini adalah bentuk terkenal yang sampai sekarang menjadi andalan aplikasi-aplikasi terkini. Basis data ini menyimpan atribut-atribut suatu data yang statis misalnya nomor ID, nama, alamat, dan lain-lain. Sementara proses yang terjadi, yang biasanya berupa Create, Read, Update dan Delete (CRUD) dilakukan oleh aplikasi (program) yang mengakses basis data tersebut (di luar basis data).

Object Oriented

Perkembangan perangkat keras yang pesat membuat aplikasi pada bidang-bidang lain seperti rekayasa, multimedia, sistem informasi geografis, dan sejenisnya, berkembang pula. Beberapa aplikasi membutuhkan secara independen suatu data berubah ketika diberikan instruksi ke data tersebut. Dengan kata lain suatu data memiliki kemampuan memproses. Data dengan proses tersebut dikenal dengan istilah objek. Ketika ingin mengedit data suatu objek, maka program tinggal mengirim pesan ke objek tersebut agar salah satu datanya dirubah dengan mengaktifkan proses update pada objek tersebut. Masalahnya adalah vendor-vendor basis data sudah terlanjur mengembangkan RDBMS dengan sangat baik.

Object Relational Database Management System

Dengan memanfaatkan canggihnya sistem RDBMS, beberapa pengembang menawarkan konsep Object Relational Database Management System (ORDBMS), khususnya untuk penerapannya dalam basis data. Karena kelemahan RDBMS tidak memiliki penyimpanan berupa proses/method maka basis data tetap tersimpan dalam bentuk relasional tetapi menambahkan satu object yang berfungsi menangani proses-proses tertentu pada objek yang tersimpan dalam RDBMS. Ketika ingin mengedit suatu objek, maka satu objek yang bertugas meng-update diperintahkan mengedit objek tersebut di dalam sistem basis data.

Object Definition Language (ODL)

Dalam literatur RDBMS, sudah ada standar pengolahan basis data yang dikenal dengan nama Structure Query Language (SQL). Sementara itu komunitas Object Data Management Group (ODMB) mencoba membuat standar yang mirip SQL dengan nama Object Definition Language (ODL). Salah satu hasil dari ODL ini adalah suatu bahasa deklarasi mirip SQL untuk objek yaitu Language Integrated Query (LINQ). Silahkan baca-baca buku referensi berikut yang lumayan OK untuk penjelasan awal ODL.

Untuk mempraktekan basis data objek ada baiknya mencoba langsung dengan basis data yang memang dikhususkan untuk basis data objek, yaitu db4o dengan dua pilihan (java dan c#). Silahkan unduh manual-nya di sini. Ada hal-hal unik yang tidak dimiliki dalam literatur RDBMS yang menarik untuk dicoba, dan menarik juga untuk dibuatkan bukunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s