Virtual Environment Python di Windows

Ada cara mudah instal environment yaitu dengan menginstall paket lengkap Anaconda. Namun salah satu kendala yang mengganggu dengan Anaconda adalah berat ketika dibuka. Berbeda jika kita membuka environment lewat konsol. Postingan kali ini kita coba menggunakan metode konsol untuk mengeset environment.

PIP Install Virtualenv

Pertama-tama kita install terlebih dahulu paket virtualenv yang tugasnya mengelola virtual environment. Sebenarnya kita bisa saja mengelola project python hanya satu environment. Namun terkadang karena banyaknya environment terkadang kita perlu memisahkan environment satu dengan lainnya. Tujuannya adalah menghemat resource karena satu project dengan lainnya berbeda kebutuhan library-nya. Misalnya, untuk server Flask, tentu berbeda dengan pengelolaan text mining. Sayang kan jika reseource banyak library terpasang tapi hanya sedikit yang digunakan. Langsung saja masuk konsol dan ketik:

pip install virtualenv

Tunggu beberapa saat hingga virtualenv terpasang. Oiya, jika PIP kita belum update, ada baiknya update terlebih dahulu dengan mengetik: python –m pip install –upgrade pip pada konsol.

Buat Folder Kerja

Terkadang kita mengerjakan project python pada variabel tertentu. Ok, kita arahkan saja project yang berlokasi di laptop kerja kita. Ketik:

virtualenv env

Sebelumnya arahkan ke folder kerja kita, misalnya e:\twitter\. Nantinya virtual environment akan dipasang di folder tersebut.

Tampak folder virtual environment berada di e:\twitter\env. Selanjutnya adalah mengaktifkan folder tersebut dengan mengetikan kode berikut:

e:\twitter\venv\scrpits\activate.bat

Atau cara paling gampang, arahkan saja konsol ke folder tersebut (e:\twitter\env\scripts\). Lalu ketik activate.bat sehingga kita masuk ke virtual environment yang kita tuju. Oiya, e:\twitter merupakan folder kerja saya yang mungkin berbeda dengan Anda, termasuk juga ‘env’ yang merupakan nama virtual environment. Silahkan gunakan nama lainnya.

Virtual environment yang kita gunakan muncul berupa tanda kurung di kiri nama folder. Jika ingin melihat PIP apa saja yang sudah terpasang, gunakan perintah:

pip list

Python akan menunjukan PIP apa saja yang sudah terpasang. Jika ingin memasang yang baru, misalnya library “tweepy”, ketik saja:

pip install tweepy

Oiya, di sini saya menggunakan python 2 yang sebentar lagi harus pindah, migrasi ke python 3. Silahkan mengeksplore fasilitas lain Python yang canggih dari text mining, data science, hingga deep learning. Oiya untuk keluar dari virtual environment, ketik saja kode berikut ini. Pastikan simbol nama environment di dalam kurung (env) di samping folder menghilang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Deactivate.bat

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Python. Tandai permalink.

2 Balasan ke Virtual Environment Python di Windows

  1. Ping balik: Mengelola Environment Anaconda | Rahmadya Trias Handayanto

  2. Ping balik: Belajar Membuat Game dengan Python | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.