Membuat Grafik dengan Excel

Excel yang merupakan spreadsheet selain memiliki kemampuan mengelola data juga mampu membuat grafik yang cukup baik, terutama untuk versi terkini. Banyak pilihan grafik yang disediakan, mulai dari line, bar, hingga pie. Grafik tersedia di menu Insert pada Excel.

Sebagai contoh kita akan membuat grafik berjenis “bar” untuk nilai akhir (NA) tabel di atas. Masuk ke menu Insert dan pilih simbol “bar” chart.

Berikutnya akan muncul bidang kerja grafik yang harus diisi data nilai akhir serta mahasiswa yang bersangkutan. Pilih Select Data untuk memasukan data yang akan ditampilkan pada grafik. Jika tidak ada klik ganda bidang kerja grafik untuk memunculkannya.

Tekan Chart data range di bagian panah untuk memilih data yang akan ditampilkan pada grafik (1). Data ini diistilahkan dengan Series yang akan muncul di kotak kiri gambar di atas. Series ini bisa lebih dari satu (dalam contoh ini bisa saja kehadiran, UTS, UAS, tidak hanya NA). Berikutnya untuk Axis tekan bagian Edit pada kotak kanan lalu sorot seluruh nama mahasiswa (2) karena jika tidak hanya berisi angka urut saja.

Perhatikan di sini akan ditampilkan UTS, UAS, dan NA. Tadinya UTS, UAS, dan NA berturut-turut bernama Series2, Series3, dan Series5. Cara menggantinya adalah tekan Edit di bagian atas kotak Legend Entries dan ketik nama yang diinginkan. Lihat, Series yang tidak digunakan bisa diunchek atau remove. Jika sudah tekan OK untuk memperlihatkan grafik.

Edit bagian judul grafik dan jika ingin menambahkan elemen lain, misalnya legenda, masuk ke menu Add Chart ElementLegend Right. Pastikan di bagian kanan akan muncul penjelasan nilai yang ada pada grafik. Silahkan modifikasi sesuai dengan keinginan, misalnya mengganti design agar memunculkan score di bagian atas bar. Untuk jelasnya lihat video tutorial berikut ini.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Komputer I. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.