Membuat Tensor Sederhana dengan TensorFlow pada Google Colab

Istilah tensor dijumpai dalam matematika, khususnya dalam aljabar. Tensor sebenarnya bentuk umum dari besaran, jika dimensinya nol berarti skalar dan jika berdimensi satu ke atas, maka disebut vektor dan matriks. Istilah tensor digunakan juga oleh Google dalam library python “TensorFlow”. Istilahnya mirip tensor, terutama ketika mengelola vektor dan matriks.

Dalam penerapannya, TensorFlow sedikit membingungkan karena memiliki dua fase: konstruksi dan eksekusi. Tensor ketika digunakan berupa graph yang berisi nodes dan edges. Jika nodes berisi operasi, edges berisi tensor. Sementara itu, fase eksekusi membutuhkan session.

Untuk lebih jelsnya silahkan buka Google Colab. Buat satu notebook baru, beri nama misalnya FirstTensor.ipynb. Disini kita akan membuat satu tensor sederhana yang berisi satu variabel konstant 30. Operasi yang dilakukan adalah mencetak (print) konstanta tersebut. Masukan kode berikut dalam sel colab tersebut.

Di sini tensorflow versi 1.x digunakan. Secara default Colab menyediakan versi 2.x. Perhatikan sel pertama berisi impor library tensorflow. Line pertama merupakan instruksi standar penggunaan tensorflow versi 1. Sel kedua berisi konstruksi variabel konstan x=30. Selain itu dibuat satu session dengan nama “sess” yang kemudian dioperasikan berupa fungsi print.

Sepertinya agak ribet karena untuk mencetak konstanta 30 saja butuh beberapa line. Namun mengingat satu sesi bisa diterapkan untuk satu prosesor (GPU) maka komputasi bisa dilakukan dengan banyak prosesor yang bekerja secara paralel. Jadi walau agak sedikit merepotkan di awal tetapi ketika diterapkan dengan banyak prosesor, hasilnya lebih cepat. Biasanya diterapkan dalam sebuah framework deep learning. Sebagai ilustrasi, tensor dalam graph di bawah ini.

Hasil perkalian a dan b akan dikurangi hasil penjumlahan b dan c. Instruksi pythonnya adalah sebagai berikut menlanjutkan dari instruksi sebelumnya.

  • import numpy as np
  • a = tensorflow.constant(np.array([5, 7, 10])) 
  • b = tensorflow.constant(np.array([2, 3, 21]))
  • c = tensorflow.constant(np.array([3, 5, 7]))
  • d = a * b  # tensorflow.multiply(a,b) 
  • e = c + b  # tensorflow.add(c,b) 
  • f = d – e  # tensorflow.subtract(d,e) 
  • sess = tensorflow.Session() 
  • outs = sess.run(f) 
  • sess.close() 
  • outs

Jalankan dan hasilnya harus sama dengan gambar di atas [5,13,182]. Selamat mencoba tensor dalam tensorflow.

Ref:

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Artificial Neural Network, Python. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.