Inspirasi

Inspirasi merupakan hal-hal yang memicu sesuatu. Terkadang inspirasi membutuhkan sumber, sehingga sering disebut sumber inspirasi. Bisa dari terciptanya sebuah karya, jawaban terhadap suatu permasalahan, atau sekedar penyaluran hobi. Sumber inspirasi bisa berasal dari mana saja, tidak harus dari hal-hal besar dan ‘wah’, bahkan bisa dari orang biasa bahkan yang dianggap biasa saja, bagi orang tertentu bisa jadi sumber inspirasi.

Upgrade Diri

Ketika pindah ke kampus di daerah Bekasi, saya cukup kaget juga karena dari list, sebagian besar dosen tidak memiliki jafung, yang dalam istilah kemdikbud ‘tenaga pengajar’. Dosen-dosen pun masih S1 waktu itu, karena memang belum ada kewajiban S2.

Seiring berjalannya waktu, pangkat naik yang waktu itu lektor merupakan tertinggi di fakultas tempat saya bernaung. Alhasil, karena pangkat tertinggi dan sudah S2, LLDIKTI (waktu itu namanya kopertis) meminta kampus yang memiliki dosen berpangkat Lektor dan S2 untuk mengikuti sertifikasi dosen (serdos), dan ternyata waktu itu saya lulus. Dan setelah itu, dosen-dosen lain pun berbondong-bondong menyelesaikan syarat-syarat serdos, yang tunjangannya lumayan.

Begitu juga waktu itu ketika ada tawaran dari DIKTI untuk pelatihan bahasa Inggris di UGM, iseng-iseng daftar dan ternyata terpilih ikut pelatihan IELTS di UGM 3 bulan. Hasilnya lumayan, skor 6.0 memenuhi syarat masuk kampus LN khusus teknik. Kalau humaniora sepertinya minimal 6.5 bahkan 7. Waktu itu sebenarnya tidak ada fikiran untuk kuliah di LN namun karena terinspirasi oleh rekan-rekan yang sudah berangkat duluan setelah pelatihan bahasa, akhirnya setelah sekali gagal/ditolak beasiswanya, lulus juga. Waktu itu lagi-lagi jadi yang pertama studi lanjut S3, dan entah mengapa tidak sampai satu tahun (semester berikutnya) rekan saya sudah ada yang studi lanjut juga, dengan biaya dari kampus.

Sharing

Berbagi pengalaman terkadang bisa menularkan ke orang lain. Sharing memang sederhana, tidak usah mikir, karena hanya menceritakan apa yang dialami saja. Tidak ada maksud tertentu, dan kebanyakan tidak dibayar, alias gratis. Namun ternyata hasilnya lebih efektif dari diklat, kursus, dan sejenisnya. Sharing/berbagi pengalaman ternyata bisa menginspirasi rekan-rekan kita, khususnya yang menghargai dan menghormati. Memang di mana saja pasti ada usaha-usaha untuk menjegal/menggagalkan tapi jumlahnya sedikit. Yang mensuport justru yang lebih cepat mengikuti jejak yang disuport nantinya, bahkan beberapa melampaui pencapaian saya, ada yang ke Inggris, Amerika, dan ada yang siap-siap ke Jepang.

Kondisi COVID pun sepertinya tidak menghalangi mereka-mereka yang sudah terinspirasi. Bahkan usia pun tidak menghalangi. Sekian postingan singkat mengisi weekend, semoga menginspirasi.

Satu respons untuk “Inspirasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.