Import Citra Sentinel pada IDRISI

Ada banyak sensor citra satelit seperti Landsat, IKONOS, Sentinel, dan lain-lain. Yang terkenal dan sudah lama dipakai oleh para peneliti adalah Landsat. Postingan-postingan saya terdahulu juga telah membahas sensor satelit ini dan penggunaannya dengan software IDRISI. Kali ini kita akan mencoba satelit Sentinel.

Versi IDRISI

Banyak versi idrisi, misalnya IDRISI Taiga dan Selva yang masing-masing memiliki karakteristik yang khas. Ketika saya coba mengimpor satelit Sentinel ke IDRISI Selva (IDRISI versi 17), ternyata tidak ada menu pilihannya.

Informasi dari Google ternyata untuk citra Sentinel mau tidak mau harus menggunakan minimal IDRISI versi 18.3, yang namanya kembali menjadi TerrSet, sesuai dengan nama perusahaannya.

File SAVE

Ada satu hal unik ketika mengunduh citra Sentinel dari United States Geological Survey (USGS) yaitu file zip yang ketika diekstrak ternyata berisi file-file tertentu, bukan hanya citra tiap pita frekuensi seperti pada Landsat. Nah, di salah satu folder ada kumpulan file *.jp2 (JPEG2000) untuk tiap pita frekuensi (band). Namun untuk mengaksesnya di IDRISI cukup dengan memanggil file SAFE.

Otomatis nanti “Band to process” akan berisi pita-pita frekuensinya (ada 13 belas pita frekuensi). Centang semua jika ingin mengimpor seluruhnya ke IDRISI. Sertakan folder lokasi untuk menyimpan file *.rst hasil konversi *.jp2 Sentinel. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video Youtube saya berikut. Sekian, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.